Pendugaan Rendemen Tebu (Saccharum Officanarum L) Menggunakan Sifat Biolistrik dan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Pengembangan Alat Ukur Cepat Rendemen Tebu.

Utomo, Rhamdani Widyo (2015) Pendugaan Rendemen Tebu (Saccharum Officanarum L) Menggunakan Sifat Biolistrik dan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Pengembangan Alat Ukur Cepat Rendemen Tebu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rendemen tebu menyatakan banyaknya kg gula yang dapat diperoleh per kuintal tebu. Saat ini pengukuran rendemen tebu dirasakan kurang transparan, sehingga menimbulkan ketidak-percayaan para petani. Teknik konvensional seperti melalui penentuan pol dan brix memerlukan waktu persiapan sampel, bahan kimia, tenaga terampil dan biaya cukup besar. Karena itu, perlu dikembangkan teknik analisis cepat, menggunakan metode lebih praktis dibanding metode sebelumnya. Sistem pengukuran rendemen dapat memanfaatkan sifat biolistrik. Perbedaan komposisi bahan berpengaruh pada perbedaan sifat biolistrik. Faktor-faktor lain yang mempengaruhi sifat biolistrik adalah penundaan masa giling tebu. Pada penelitian ini, diuji pembedaan masa tunda giling tebu pada hari ke-0, 1, dan 2. Tebu juga dibedakan pada ruas atas, tengah, dan bawah. Nilai sifat biolistrik digunakan untuk pendugaan rendemen tebu dengan metode Jaringan Syaraf Tiruan (JST). Hasil penelitian didapatkan bahwa ruas tebu bagian bawah memiliki nilai rendemen lebih besar dari bagian tebu lainnya. Nilai rendemen semakin berkurang seiring lama waktu penundaan. Nilai kapasitansi dan konstanta dielektrik menurun seiring lama waktu penundaan. Topologi JST yang terpilih terdiri 4 neuron (frekuensi, kapasitansi, konstanta dielektrik, dan frekuensi) sebagai input layer, 2 hidden layer dengan 40 neuron dan 30 neuron, serta 1 neuron rendemen digunakan sebagai output layer. Jaringan terpilih pada tahap training memiliki akurasi 99,13% dan pada tahap pengujian dihasikan akurasi 97,29%. Karena itu, sifat biolistrik dan JST dapat untuk dikembangkan sebagai alat ukur cepat rendemen tebu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/236/051504953
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 31 Jul 2015 08:40
Last Modified: 16 Nov 2021 06:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150131
[thumbnail of BAB_1_Pendahuluan_dan_BAB_2_Tinjauan_Pustaka_(1).pdf]
Preview
Text
BAB_1_Pendahuluan_dan_BAB_2_Tinjauan_Pustaka_(1).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_3_Bahan_dan_Metode_Penelitian.pdf]
Preview
Text
BAB_3_Bahan_dan_Metode_Penelitian.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4_Hasil_dan_Pembahasan.pdf]
Preview
Text
BAB_4_Hasil_dan_Pembahasan.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1_Cover_pertama.pdf]
Preview
Text
1_Cover_pertama.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2_Cover_dan_Daftar_Isi_(1).pdf]
Preview
Text
2_Cover_dan_Daftar_Isi_(1).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5_Saran_dan_Kesimpulan.pdf]
Preview
Text
BAB_5_Saran_dan_Kesimpulan.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item