Pemanfaatan Limbah Baglog Jamur Tiram Dan Kotoran Kambing Sebagai Bahan Pembuatan Pupuk Kompos Berdasarkan Kajian Konsentrasi Em4 Dan Jumlah Pembalikan

Wahdianto, Rahmad Waris (2015) Pemanfaatan Limbah Baglog Jamur Tiram Dan Kotoran Kambing Sebagai Bahan Pembuatan Pupuk Kompos Berdasarkan Kajian Konsentrasi Em4 Dan Jumlah Pembalikan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pupuk kompos adalah pupuk alami yang terbuat dari bahan-bahan hijauan dan bahan organik lain yang sengaja ditambahkan untuk mempercepat proses dekomposisi. Kotoran hewan yang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan kompos salah satunya adalah kotoran kambing. Untuk mempercepat proses pengomposan dibutuhkan adanya bantuan dari mikroorganisme, yaitu Effective Microorganism 4 (EM4) serta dilakukan pembalikan agar proses pengomposan lebih merata. Kecamatan Pakis, Malang merupakan salah satu sentra budidaya jamur tiram yang ada di Indonesia. Banyak limbah dari jamur tiram di sentra budidaya ini yaitu baglog jamur tiram belum tertangani dengan baik, dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai manfaat dari limbah jamur tiram tersebut yang dapat dipergunakan sebagai kompos.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui konsentrasi EM4 dan jumlah pembalikan yang tepat agar menghasilkan pupuk kompos dengan rasio C/N, P, dan K yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Pengujian kualitas kompos dilakukan dengan pengujian kimia antara lain rasio C/N, C, N, P2O5, K2O, dan kadar air. Data yang telah didapat dilanjutkan dengan menggunakan uji keragaman data dengan menggunakan analisis ragam (ANOVA). Jika terdapat interaksi antar perlakuan dilanjutkan dengan uji DMRT. Selanjutnya dilakukan uji multiple attribute dari seluruh faktor untuk mendapatkan nilai perlakuan terbaik. Perlakuan terbaik dihasilkan dengan mencari nilai terendah dari pengujian multiple attribute. Perlakuan E3W3 (konsentrasi EM4 0,2% dan periode pembalikan 1 minggu) merupakan nilai terendah dari pengujian multiple attribute. Pada perlakuan ini diperoleh nilai rasio C/N 13,38, kandungan C 24,29%, kandungan N 1,82%, kandungan P 1,42%, kandungan K 4,44%, dan kadar air 48,54%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/235/051504952
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 31 Jul 2015 08:37
Last Modified: 16 Nov 2021 06:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150130
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item