Pengaruh Kredit dan Inovasi Produk terhadap Kinerja UMKM Agroindustri di Kabupaten Nganjuk menggunakan Metode Generalized Structured Component Analysis (GSCA).

Dias, Atikah Siswining (2015) Pengaruh Kredit dan Inovasi Produk terhadap Kinerja UMKM Agroindustri di Kabupaten Nganjuk menggunakan Metode Generalized Structured Component Analysis (GSCA). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan dan pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu motor penggerak yang krusial bagi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di banyak negara di dunia. UMKM ini memiliki pangsa pasar yang besar, tetapi memiliki beberapa kendala seperti modal, penggunaan teknologi yang kurang lengkap, inovasi produk yang kurang berkembang dan kurangnya pengetahuan tentang pengelolaan UMKM. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan mengetahui pengaruh hubungan kinerja UMKM di Kabupaten Nganjuk. Metode yang digunakan untuk menganalisis dan menentukan keterkaitan variabel kinerja UMKM yaitu GSCA (Generalized Structured Component Analysis). Kegunaan GSCA adalah untuk mendapatkan model struktural yang powerfull guna mengetahui pengaruh hubungan antar variabel. Analisis GSCA memiliki kriteria global optimasi sehingga dapat memberikan kesesuaian model secara (keseluruhan). Metode analisis tidak didasarkan pada banyak asumsi, yaitu data tidak harus berdistribusi normal, sampel yang digunakan tidak harus besar yaitu dengan menggunakan 30 sampel. Analisis Statistik Deskriptif digunakan untuk menghitung mean berdasarkan persentase responden dengan tiap indikator skala 1 sampai 5. Hasil penyebaran kuesioner menunjukkan responden (pemilik UMKM) setalah dilakukan analisis statistik deskriptif ke empat variabel menghasilkan mean yang > 4, jadi persepsi responden yang berarti baik. Hasil running GSCA menunjukkan nilai Goodness of Fit (FIT da AFIT) di atas 0,5 sehingga model struktural baik. Tiap-tiap indikator valid dilihat dari model pengukuran karena nilai estimate > 0,5. Tiap variabel juga reliabel dilihat dari hasil AVE > 0,5 dan Alpha > 0,7. Hasil model struktural untuk mengetahui pengaruh signifikan hubungan menunjukkan antar variabel Kredit (X1), Inovasi Produk (X2), Pemasaran (Y1), dan Kinerja UMKM (Y2), dapat dilihat pada nilai Critical Ratio > 1,96 dan pengaruh positif pada nilai estimate. Variabel kredit tidak berpengaruh pada pemasaran, pemasaran tidak berpengaruh pada kinerja UMKM sedangkan kredit terhadap kinerja UMKM, inovasi produk terhadap pemasaran dan inovasi produk terhadap kinerja UMKM adalah berpengaruh signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/226/051504943
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Jul 2015 09:59
Last Modified: 16 Nov 2021 02:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150120
[thumbnail of COVER_ATIKAH_S.DIAS_115100301111017.pdf]
Preview
Text
COVER_ATIKAH_S.DIAS_115100301111017.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI_ATIKAH_S.DIAS_115100301111017.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI_ATIKAH_S.DIAS_115100301111017.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_ATIKAH_S.DIAS_115100301111017.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_ATIKAH_S.DIAS_115100301111017.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item