Analisis Hubungan Customer Value dan Positioning Dalam Mempertahankan Keunggulan Bersaing Restoran Cepat Saji (Studi Kasus Pada Konsumen Resto X,Y,Z di Kota Malang).

Simarmata, Giovani Shanti E (2015) Analisis Hubungan Customer Value dan Positioning Dalam Mempertahankan Keunggulan Bersaing Restoran Cepat Saji (Studi Kasus Pada Konsumen Resto X,Y,Z di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan ekonomi yang pesat memicu persaingan antar industri yang terlibat didalamnya, termasuk industry restoran cepat saji di Kota Malang. Hasil rekapitulasi data BPS Malang menunjukan bahwa Kota Malang mengalami perkembangan ekonomi sebesar 7.2 % dengan sector perdagangan, hotel, dan restoran memiliki persentase tertinggi dibandingkan sector lainnya sebesar 9.2%.Dalam mempertahankan posisi bersaing didapati bahwacustomer value memilikiperan yang penting. Customer value akan memberikan evaluasi dari penilaian kinerja restoran berdasarkan selisih nilai keuntungan (benefit) yang didapat dibandingkan dengan nilai pengorbanan yang dilakukan. Nilai konsumen yang diperoleh akan membentuk positioning dari restoran yang bersaing. Setiap restoran memiliki tingkat posisi dan keunggulan/kekuatan yang berbeda dalam pandangan konsumen. Tingkat posisi, kekuatan, dan customer value yang diperoleh restoran akan menjadi daya dukungvuntuk mempertahankan keunggulan bersaingnya. Restoran yang menjadi objek penelitian adalah restoran cepat saji khas Amerika skala Internasional di Kota Malang, antara lain; X, Y, dan Z. Metode yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara customer value, positioning, dan keunggulan bersaing digunakan Partial Least Square (PLS), sedangkan untuk mengetahui positioning restoran digunakan Analisis Biplot. ix Hasil yang diperoleh dalam penelitian didapatkan bahwa hubungan Customer Value (X1) dan Positioning (Y1) memiliki pengaruh yang signifikan dannilai yang positif. Selain itu, Variabel positioning sebagai variabel intervening/mediasi didapatkan memiliki sifat full mediating atau variabel tersebut bekerja secara penuh untuk memediasi variabel customer value dan keunggulan bersaing. Pada penelitian ditemukan empat variabel yang tidak memenuhi kriteria uji antara lain; kesesuaian produk dengan promosi (X13), reputasi (X15), harga murah (Y22) dan time to market (Y25). Nilai outer loading keempat variabel tersebut dibawah 0.5 sehingga diiperlukan modifikasi dalam konstruk . Pada analisis Biplot didapatkan hasil mengenai positioning resto cepat saji di Kota Malang dengan intepretasi beragam. Dalam segi merek, ketiga restoran memiliki positioning yang tidak sama dan telretak di kuadaran yang berbeda. Untuk keragaman peubah, peubah fasilitas dan kecepatan layanan memiliki vector yang lebih panjang dibanding lainnya. Hubungan korelasi tertinggi antar peubah yaitu, ;lingkungan/suasana restoran dengan fasilitas dan kecepatan layanan. Objek yang memiliki nilai peubah tebesar adalah Y dengan jumlah empat peubah, dan X dua peubah. Sedangkan objek Z tidak memiliki peubah terdekat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/224/051504941
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Jul 2015 09:52
Last Modified: 16 Nov 2021 02:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150118
[thumbnail of Skripsi_Giovani_Shanti_E.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Giovani_Shanti_E.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item