Material Requirement Planning (Mrp) Menggunakan Perbandingan Metode Lot Sizing Dalam Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku Dan Bahan Pengemas (Studi Kasus Pada Industri Tahu Rds Singosari, Malang)

Purnama, Cahyan Hendy (2015) Material Requirement Planning (Mrp) Menggunakan Perbandingan Metode Lot Sizing Dalam Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku Dan Bahan Pengemas (Studi Kasus Pada Industri Tahu Rds Singosari, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri Tahu RDS merupakan sebuah UKM yang memproduksi tahu yang berlokasi di Singosari, Malang. Industri Tahu RDS memiliki kapasitas produksi sebesar 210 kg kedelai per hari, dengan dua jenis ukuran tahu yaitu tahu besar dan kecil. Bahan baku pembuatan tahu adalah kedelai jenis kedelai putih dan cuka tahu 98-99%, serta bahan baku pengemas yaitu plastik jenis Polyvinyl chloride. Untuk memenuhi ketersediaan bahan baku,perlu dilakukan perencanaan yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk merencanakan kebutuhan dan jumlah pemesanan bahan baku dan bahan pengemas, serta menentukan metode lot sizing yang tepat dalam perencanaan material di Industri Tahu RDS. Perencanaan kebutuhan material diawali dengan peramalan penjualan tahu. Peramalan dilakukan dengan menggunakan tiga metode peramalan yaitu exponential smoothing, ARIMA, dan expert modeler. Perencanaan kebutuhan material ldilakukan dengan membandingkan 2 metode lot sizing, yaitu Lot For Lot (LFL), dan Economic Order Quantity (EOQ) serta membandingkan metode pemesanan yang selama ini dilakukan perusahaan. Berdasarkan hasil peramalan, metode exponential smoothing memiliki error peramalan terkecil untuk masing-masing ukuran tahu. Sehingga metode tersebut digunakan dalam penelitian ini.Berdasarkan perhitungan MRP, metode LFL memberikan biaya persediaan paling minimal di antara metode lot sizing lainnya, dengan total biaya persediaan Rp 296,653,804.-. Biaya persediaan yang diterapkan oleh perusahaan selama ini sebesar Rp 327,946,016.-. Perusahaan dapat menghemat biaya persediaan sebesar Rp 31.292.211.- apabila metode LFL diterapkan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/192/051504922
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Jul 2015 15:20
Last Modified: 15 Nov 2021 06:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150081
[thumbnail of BAB_V.pdf] Text
BAB_V.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf] Text
BAB_IV.pdf

Download (294kB)

Actions (login required)

View Item View Item