Analisa Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian pada Keripik Buah UD. Subur Jaya Malang.

Puspitasari, Septantrina (2014) Analisa Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian pada Keripik Buah UD. Subur Jaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Buah – buahan mempunyai sifat yang mudah busuk dan tidak tahan lama, sehingga pemilik usaha harus mempunyai variasi untuk produknya. Buah – buahan diolah menjadi suatu produk yang lebih awet dan mempunyai nilai jual, seperti dodol, manisan, sari buah, selai, buah kalengan, dan keripik. Pada UKM keripik buah ini, pemilik usaha hanya mengerti bagaimana cara untuk memproduksi keripik buah saja dan belum terlalu mengerti bagaimana cara untuk memasarkan dengan baik agar produk yang mereka produksi akan lebih banyak dikenal oleh masyarakat luas dan tidak hanya datang tetapi untuk membeli untuk waktu yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tentang pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk keripik buah pada usaha ini maka dilakukan penelitian dengan menggunakan analisis komponen dasar atau unsur-unsur dalam bauran pemasaran, yaitu produk, harga, promosi, distribusi, orang, bukti fisik dan proses atau yang biasa disebut dengan 7p (product, price, promotion, place, people, phisical evidence, dan process) dengan menggunakan metode partial least square (PLS). Partial Least Square (PLS) mereduksi dimensi variabel-variabel penjelas asal dengan cara membentuk variabel-variabel laten yang merupakan kombinasi linier dari variabel-variabel penjelas asal dengan dimensi yang lebih kecil. Dari penelitian ini dapat diketahui besarnya nilai pengaruh variabel bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian. Nilai variabel produk sebesar 0.021, variabel harga sebesar 0.130, variabel tempat/distribusi sebesar 0.501, variabel promosi sebesar 0.041, variabel orang sebesar 0.040, variabel bukti fisik sebesar 0.012, dan variabel proses sebesar 0.029. Dari nilai yang diperoleh tersebut, dapat diketahui bahwa variabel tempat/distribusi mempunyai nilai lebih dibanding variabel lain, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel tempat/distribusi mempunyai peran paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian keripik buah UD. Sabar Jaya Malang. Hasil penelitian juga menyebutkan bahwa 53% variabel produk, harga, tempat/distribusi, promosi, orang, bukti fisik dan proses mempengaruhi keputusan pembelian keripik buah UD. Sabar Jaya Malang, sedangkan sisanya 47% dipengaruhi variabel lain. UD. Sabar Jaya Malang sebaiknya lebih memperhatikan tempat/distribusi dari keripik buah Levina untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Tempat/distribusi yang ada agar lebih terjangkau oleh konsumen agar konsumen dengan mudah menemukan lokasi dari UD. Sabar Jaya Malang. Kepada peneliti selanjutnya, meneliti indikator lain dari variabel bauran pemasaran yang mempengaruhi keputusan pembelian agar lebih maksimal. Penambahan penelitian pada variabel yaitu indikator merek produk.

English Abstract

Fruits are perishable and not as durable, so that business owners should have a variation to its products. Fruits processed into a product that is more durable and has a sale value, such dodol, sweets, fruit juice, jam, canned fruit, and chips. At UD. Sabar Jaya Malang, business owners simply understand how to produce fruit chips alone and not fully understand how to properly market a product that they produce will be more widely known by the public and not only come but to buy for the future . The purpose of this study is to investigate and analyze the marketing mix of influences on purchase decisions fruit chips products on this business research is conducted using analysis of basic components or elements of the marketing mix, namely product, price, promotion, distribution, people, evidence and physical processes or commonly referred to 7p by using the method of partial least squares (PLS). Partial Least Square (PLS) dimension reduction of original explanatory variables in a way to form latent variables which are linear combinations of the original explanatory variables with smaller dimensions. From this study it can be seen the value of the marketing mix variables influence the purchasing decision. Value of 0.021 for the product variable, the variable price of 0.130, the variable place / distribution of 0.501, 0.041 for the promotion variable, the variable of 0.040, 0.012 for the variable physical evidence, and process variables for 0.029. From the values obtained, it can be seen that the variable place / distribution has more value than the other variables, so it can be concluded that the variables / distribution has the most dominant role in influencing purchasing decisions fruit chips UD. Sabar Jaya Malang. The results of the study also stated that 53% of the variable product, price, place / distribution, promotion, people, physical evidence and process influencing purchasing decisions fruit chips UD.Sabar Jaya Malang, while the remaining 47% are influenced other variables. UD. Sabar Jaya Malang should pay more attention to the place / distribution of Levina fruit chips to increase consumer purchasing decisions. Place / distribution that is more affordable to consumers so that consumers can easily find the location of the UD. Sabar Jaya Malang. For the next researcher, examined other indicators of the marketing mix variables that influence purchasing decisions for more leverage. The addition of an indicator variable that research on brand products.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/457/051407178
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Oct 2014 08:52
Last Modified: 11 Nov 2021 04:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149870
[thumbnail of COVER,_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
COVER,_DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item