Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Ekuitas Merek Menggunakan Metode Structural Equation Modelling (SEM) (Studi kasus Pada Rumah Makan “Mie Jogja Pak Karso” Malang

Vaulla, Tito Siendy (2014) Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Ekuitas Merek Menggunakan Metode Structural Equation Modelling (SEM) (Studi kasus Pada Rumah Makan “Mie Jogja Pak Karso” Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mie Jogja Pak Karso Cabang Malang merupakan salah satu dari beberapa tempat makan di Kota Malang yang menghadirkan aneka sajian dari bahan Mie. Tujuan dari penelitian ini adalah Menganalisa hubungan dan pengaruh persepsi konsumen terhadap ekuitas merek “Mie Jogja Pak Karso” serta menentukan variabel yang harus diperbaiki demi perbaikan dibidang pemasaran. Pada penelitian ini yang digunakan dalam analisis adalah Structural Equation Model (SEM). Responden penelitian adalah konsumen yang pernah atau sedang mengkonsumsi makanan dan minuman di restoran minimal satu kali, baik laki-laki maupun perempuan, yang dinilai mampu memberikan penilaian terhadap variabel-variabel ekuitas merek. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan non probabilistik sampling dengan metode acidental sampling. Dimensi yang digunakan adalah harga, produk, distribusi, kesadaran dan asosiasi merek, kesan kualitas, loyalitas merek, ekuitas merek dan serta atribut yang digunakan sebanyak 25 atribut. Pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang diisi oleh 150 responden. Hasil pengolahan data dengan menggunakanStructural Equation Model (SEM) dapat menganalisa persepsi konsumen terhadap variabel yang bersifat multi relationship. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa variable produk memiliki pengaruh terbesar terhadap ekuitas merek namun signifikan atau tidaknya hubungan tersebut masih belum bisa dipastikan karena hal tersebut didasarkan pada perhitungan indirect total effect. Seluruh variable persepsi konsumen berpengaruh signifikan terhadap kesadaran dan asosiasi merek serta loyalitas merek. Variabel harga dan produk berpengaruh signifikan terhadap kesan kualitas sedangkan variable distribusi berpengaruh tidak signifikan terhadap kesan kualitas. Variabel kesadaran dan asosiasi merek serta kesan kualitas berpengaruh tidak signifikan terhadap ekuitas merek secara keseluruhan. Variabel loyalitas merek berpengaruh signifikan terhadap ekuitas merek secara keseluruhan. Variabel yang paling dominan mempengaruhi ekuitas merek secara keseluruhan adalah loyalitas merek. Hasil pengaruh tertinggi yang ditunjukkan oleh variable produk harus dipertahankan dan dilakukan peningkatan kualitas karena variable ini lah yang akan membentuk dan meningkatkan ekuitas merek dari Rumah Makan “Mie Jogja Pak Karso” Malang.

English Abstract

Mie Jogja Pak Karso Branch Malang is one of the few places to eat in Malang which presents a variety of materials noodles dish. The purpose of this study is Analyzing the relationship and influence consumer perceptions of brand equity "Mie Jogja Pak Karso" and to determine the variables that must be corrected for the sake of improvement in the field of marketing. In this study was used in the analysis of the Structural Equation Model (SEM). Respondents were consumers who have or are consuming food and beverages at the restaurant at least one time, both men and women, which is considered capable of providing an assessment of brand equity variables. The sampling technique was performed using a non-probabilistic sampling with sampling acidental method. The dimensions used are price, product, distribution, awareness and brand association, the impression of quality, brand loyalty, brand equity and as well as the attributes used by 25 attributes. In this study using questionnaires filled out by 150 respondents. The results of data processing by using the Structural Equation Model (SEM) to analyze consumer perceptions of multi-variable relationship. Based on research conducted showed that the variable products have the greatest influence on brand equity but the relationship is significant or not remains uncertain because it is based on the calculation of the total indirect effect. All variables significantly influence consumers perceptions and associations of brand awareness and brand loyalty. Price and product variables significantly influence the distribution of variable quality impression while not significant effect on the quality impression.Variable awareness and brand association and an image quality not significant effect on overall brand equity. Brand loyalty variables significantly influence the overall brand equity. The most dominant variable affecting the overall brand equity is brand loyalty. The results indicated the highest influence by variable products must be maintained and to improve the quality because this is the variable that will shape and enhance the brand equity of Eating "Mie Jogja Pak Karso" Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/387/051406385
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Oct 2014 08:15
Last Modified: 10 Nov 2021 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149793
[thumbnail of SKRIPSI_TITO_SIENDY_VAULLA_(105100301111017).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_TITO_SIENDY_VAULLA_(105100301111017).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item