Analisis Positioning Keripik Tempe Dan Implikasinya Terhadap Bauran Pemasaran Menggunakan Metode Biplot Dan Analisis Fishbein (Studi Kasus di UKM Keripik Tempe Bu Nurdjanah Malang)

Rochmayanti, - (2014) Analisis Positioning Keripik Tempe Dan Implikasinya Terhadap Bauran Pemasaran Menggunakan Metode Biplot Dan Analisis Fishbein (Studi Kasus di UKM Keripik Tempe Bu Nurdjanah Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Makanan ringan bukan merupakan makanan utama yang dijadikan sebagai penghilang rasa lapar, tetapi merupakan sesuatu yang dimakan untuk dinikmati rasanya. Salah satu makanan ringan yang banyak diproduksi di daerah Malang adalah keripik tempe. UKM Keripik Tempe Bu Nurdjanah merupakan salah satu UKM yang bergerak dalam bidang pengolahan keripik tempe yang ada di Kota Malang. Keripik tempe Bu Nurdjanah sendiri terdiri dari olahan keripik tempe dengan aneka rasa yaitu original, balado, jagung manis, pedas manis, pizza dan lain sebagainya. Permasalahan yang telah dihadapi oleh UKM Keripik Tempe Bu Nurdjanah adalah penurunan penjualan, sehingga perlu dilakukan penelitian mengenai persepsi konsumen dan analisis posisi keripik tempe Bu Nurdjanah dibandingkan dengan keripik tempe merek lainnya. Positioning merupakan elemen yang sangat penting dalam suatu strategi pemasaran karena secara langsung karena berhubungan dengan bauran pemasaran. Berdasarkan variabel bauran pemasaran untuk produk yang digunakan adalah variabel 4P (Product, Price, Place dan Promotion). Persepsi konsumen terhadap merek-merek produk keripik tempe akan membantu dalam penentuan positioning keripik tempe. Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan dua alat analisis yaitu analisis model Fishbein digunakan untuk mengetahui sikap responden terhadap berbagai atribut keripik tempe berdasarkan tingkat kepentingan dan analisis Biplot digunakan untuk mengindikasikan keunggulan dan kelemahan dari produk keripik tempe. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil analisis Fishbein tingkat kepentingan keripik tempe Bu Nurdjanah yang tertinggi yaitu pada atribut rasa. Hasil analisis Fishbein untuk tingkat kepercayaan atribut keripik tempe Bu Nurdjanah yang paling tinggi yaitu atribut tekstur. Berdasarkan hasil analisis Biplot, posisi produk (product positioning) keripik tempe memiliki keunggulan dalam hal rasa yang enak, memiliki tekstur (kerenyahan) lebih baik, harga yang lebih murah dan banyaknya variasi rasa dari keripik tempe. Atribut ketersediaan produk, isi, kemasan dan keterkenalan merek merupakan kelemahan dari produk keripik tempe Bu Nurdjanah, karena kurangnya promosi serta desain kemasan yang kurang menarik. Strategi bauran produk yang diterapkan di UKM keripik tempe Bu Nurdjanah sudah cukup efektif dan cukup bersaing dengan usaha sejenis karena pihak UKM lebih berorientasi pada kualitas produk. Strategi bauran harga yang dijalankan UKM keripik tempe Bu Nurdjanah sudah cukup efektif karena memiliki harga yang lebih murah dibandingkan pesaing sejenisnya. Strategi bauran tempat bila dilihat dari pasar sasaran di mana peluang pasar lebih banyak di pasar modern maka sudah cukup efektif. Strategi bauran promosi produk keripik tempe Bu Nurdjanah yang selama ini dilakukan masih kurang dipublikasikan kepada masyarakat.

English Abstract

Snack is not a merely food to eliminate a sense of hunger, but it is consumed to taste the flavor. A popular snack in Malang region is Tempe chips. UKM Tempe chips Bu Nurdjanah is one UKM moving in the Tempe chips processing field and located in Malang City. Indeed, UKM Tempe chips Bu Nurdjanah has processed Tempe chips in various tastes such as original, balado, sweet corn, sweet chilly, pizza and others. A problem faced by UKM Tempe chips Bu Nurdjanah is a reduced sale. Therefore, a research about consumer perception on Tempe chips Bu Nurdjanah and an analysis of the positioning of Tempe chips Bu Nurdjanah compared to other Tempe chips brand, are conducted. Positioning is a very important element in a marketing strategy because it is directly related to marketing mix. There are for products used are 4P variables of marketing mix, which are Product, Price, Place and Promotion. The understanding of these variables will help to understand consumer perception onto Tempe chips products and to determine the positioning of Tempe chips. Research method includes two analysis techniques, which are Fishbein analysis model to understand respondents attitude onto Tempe chips attributes based on their trust rate and Bi-plot analysis model to indicate the advantages and disadvantages of the product of tempe chips product. Data processing tool is SPSS. Result of Fishbein analysis model is elucidated as follows. The attribute of Tempe chips Bu Nurdjanah with the highest interest rate is taste. The attribute of Tempe chips Bu Nurdjanah with the highest trust rate is texture. Result of Bi-plot analysis model may be explained as follows. Product positioning of Tempe chips has privileges over other product because of tasty, better texture (crispy), cheaper and various flavors. The attributes of product availability, content, package and brand popularity are the weaknesses of Tempe chips Bu Nurdjanah because of lack of promotion and less attractive package design. Product mix strategy applied at UKM Tempe chips Bu Nurdjanah is quite effective and competitive to other similar business because this UKM emphasizes on product quality. Price mix strategy in UKM Tempe chips Bu Nurdjanah Malang is also quite effective because it has cheaper price than competitors. Place mix strategy in the market is quite effective because target is modern market with more opportunities. Product promotion for Tempe chips Bu Nurdjanah, however, remains less with low publication to the community.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/372/051406234
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Biplot, Model Fishbein, Keripik tempe, Positioning,-Marketing Mix, Bi-plot, Fishbein Model, Tempe chips, Positioning
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Oct 2014 14:27
Last Modified: 30 Nov 2021 06:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149777
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item