Analisis Prioritas Strategi Bauran Pemasaran Minuman Kopi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) (Studi Kasus

Wahyuningsih, Ninik (2014) Analisis Prioritas Strategi Bauran Pemasaran Minuman Kopi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) (Studi Kasus. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kopi merupakan salah satu produk agroindustri pangan yang digemari masayarakat. Oleh karena itu, tak mengherankan jika di seluruh dunia kopi menjadi minuman favorit. Semakin meningkatnya konsumsi kopi, mendorong banyak industri kopi yang terus bertambah yang menyebabkan persaingan semakin ketat. Persaingan ini ditandai dengan banyaknya cafe/coffee shop yang menjual minuman kopi, salah satunya di Kota Malang yaitu Coffee Story. Perusahaan perlu melakukan evaluasi strategi pemasaran yang tepat untuk mengenalkan produk ke masyarakat. Strategi pemasaran yang tepat akan mampu menarik pelanggan, sehingga akan meningkatkan keuntungan. Penelitian bertujuan menentukan faktor dan subfaktor yang menjadi prioritas dalam penyusunan strategi bauran pemasaran, serta untuk menentukan prioritas strategi bauran pemasaran minuman kopi di Coffee Story. Faktor yang digunakan adalah 4P (Product, Price, Place, Promotion). Faktor produk terdiri dari subfaktor keragaman produk, nama merek, kualitas, dan ciri. Faktor harga terdiri dari subfaktor diskon, potongan harga, harga berdasarkan biaya operasional, dan harga berdasarkan jenis produk. Faktor tempat terdiri dari subfaktor cakupan pemasaran dan lokasi. Faktor promosi terdiri dari subfaktor promosi penjualan, tenaga penjualan, periklanan, pemasaran langsung, dan hubungan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode AHP digunakan untuk menentukan bobot pada masingmasing faktor dan subfaktor yang menjadi unsur penyusunan strategi bauran pemasaran. Selanjutnya digunakan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) untuk menentukan prioritas startegi bauran pemasaran pada Coffee Story. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa faktor bauran pemasaran yang menjadi prioritas utama dalam penyusunan strategi pemasaran minuman kopi pada Coffee Story adalah Promosi dengan bobot 0,4. Faktor Tempat menjadi prioritas kedua dengan bobot 0,3. Faktor Produk menjadi prioritas ketiga dengan bobot xiv sebesar 0,17, dan faktor harga mendapatkan prioritas terakhir dengan bobot 0,13. Untuk keseluruhan subfaktor, periklanan dan pemasaran langsung memiliki bobot tertinggi yaitu 0,12 dan keragaman produk mendapatkan bobot terendah sebesar 0,01. Dari subfaktor bauran pemasaran, didapatkan strategi pemasaran yang menjadi prioritas bagi perusahaan yaitu melakukan pemasaran melalui brosur, website, dan media sosial dengan perolehan skor sebesar 0,62. Didapatkan strategi pemasaran yang menjadi prioritas terakhir adalah tidak melakukan perubahan apapun dengan skor sebesar 0,36. Disarankan perusahaan agar terus meningkatkan kualitas dan menjaga ciri produk untuk pengembangan usaha dan senantiasa mengontrol kegiatan pemasaran yang dilakukan agar berjalan sesuai yang diinginkan dan mendapatkan hasil yang maksimal.

English Abstract

Coffee is one favorite beverage of agroindustrial products. Therefore, it is not surprising that coffee became a favorite beverage in the world. The increasing consumption of coffee, pushing many industries of coffee growing which led to increasingly fierce competition. The competition is characterized by many cafe/coffee shop that sells coffee, such as in Malang. Coffee Story is a cafe that sells coffee in Malang. Companies need to evaluate the right marketing strategy to introduce products to the society.The right marketing strategy will be able to attract customers, thereby increasing profits. The study used to determine the priority factors and subfactors in preparation of marketing mix strategy and determine the priority of marketing mix for coffee at Coffee Story. Factors used 4Ps (Product, Price, Place, Promotion). Product consist of diversity of products, brand names, qualities, and characteristics. Price composed of discounts, rebates, price based on operating costs, and price based on the type of product. Place composed of marketing coverage and location. Promotion consisted of sales promotion, sales force, advertising, direct marketing, and public relations. For study used Analytical Hierarchy Process (AHP). AHP method used to determine the weight of each factor and subfactors that the elements of the marketing mix strategy formulation. Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) used to determine the priority of marketing mix strategy in Coffee Story. Based on the research conducted known that the marketing mix factors are a top priority in formulating marketing strategy for coffee at Coffee Story is a promotion with a weight of 0.4. The second priority is place with a weight of 0.3. The third priority is product with a weight of 0.17, and the last priority is price with a weight of 0.13. For the entire subfactors, advertising and direct marketing has the highest weight, it is 0.12 and the diversity of products to get the lowest weighting of 0.01. Based on subfactors of the marketing mix conducted known that priority of marketing strategy for companies marketing through brochures, website, and social media with score of 0.62. xvi Obtained the last priority of marketing strategy is not to make any changes with a score of 0.36. Companies must continuously improve and maintain the quality of product characteristics for business development and continuously control the marketing activity undertaken in order to run as desired and get maximum results.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/354/051405844
Uncontrolled Keywords: Pelanggan, Produk Agroindustri, Strategi pemasaran,-Agroindustrial products, Customers, Marketing Strategies
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Oct 2014 08:24
Last Modified: 01 Dec 2021 03:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149757
[thumbnail of SKRIPSI_NINIK_W._105100313111008.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_NINIK_W._105100313111008.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item