Analisis Strategi Promosi Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus di PT Sinar Sosro Kantor Penjualan Wilayah (KPW) Waru, Sidoarjo - Jawa Timur).

Fatma, Aulia Fitria (2014) Analisis Strategi Promosi Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus di PT Sinar Sosro Kantor Penjualan Wilayah (KPW) Waru, Sidoarjo - Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teh merupakan minuman yang sudah dikenal sangat luas di Indonesia dan di dunia. Seiring dengan perkembangan perekonomian, peningkatan aktivitas dan perubahan gaya hidup masyarakat telah mempengaruhi perubahan pola konsumsi masyarakat dalam mengkonsumsi teh. Tuntutan konsumen akan kepraktisan membuat industri teh siap minum semakin berkembang dan melakukan berbagai inovasi. PT Sinar Sosro merupakan pelopor industri minuman teh terbesar di Indonesia yang menciptakan produk minuman teh dalam kemasan dengan merek “Teh Botol Sosro” (TBS). Keputusan membeli ada pada diri konsumen dan konsumen akan menggunakan berbagai kriteria dalam membeli barang dan merek yang sesuai dengan kebutuhannya serta selera dan daya belinya. Keberhasilan suatu produk untuk dapat terus dikonsumsi oleh konsumennya ditunjang oleh kegiatan-kegiatan promosi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil pembobotan strategi promosi Teh Botol Sosro dan mendapatkan alternatif strategi promosi yang paling sesuai untuk mengevaluasi penjualan produk TBS di PT Sinar Sosro Kantor Penjualan Wilayah (KPW) Jawa Timur dengan membandingkan beberapa faktor, kriteria, dan sub kriteria kendala serta pendukung yang terdapat pada perusahaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah AHP (Analytical Hierarchy Process). Metode ini merupakan pendekatan yang memberikan kesempatan bagi para pengelola program untuk dapat membangun gagasan atau ide dan mendefinisikan persoalan-persoalan yang ada dengan cara membuat asumsi dalam suatu hirarki dan selanjutnya mendapatkan pemecahan yang diinginkan. Penggunaan AHP menerapkan dengan cerdas pendekatan matematis yang kompleks namun berdasarkan pendekatan kualitatif yang dapat diterima oleh semua stakeholder dan pengelola program. Pengambilan data yang dilakukan hanya berfokus pada departemen Marketing Support (MS) dengan responden ahli (expert) adalah 15 karyawan di departemen menggunakan program expert choice 2000. Berdasarkan rumusan dan analisis, pemilihan alternatif strategi promosi Teh Botol Sosro di KPW Jawa Timur yang sesuai dalam upaya peningkatan penjualan Teh Botol Sosro adalah alternatif 1 yakni tetap mempertahankan dan meningkatkan promosi yang telah dijalankan selama ini meng-hasilkan bobot tertinggi sebesar 0,419 (prioritas 1). Alternatif ini merupakan alternatif yang paling efektif dalam peningkatan penjualan dan dapat menjadi kekuatan perusahaan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan.

English Abstract

Tea is a kind of drink which has been known well by people in Indonesia and in the world. Deal with the economy development, the increasing of activity and lifestyles changing have affected to the community in consuming tea. The consumer demand in practicality makes the industry of tea develops increasingly and makes the variety of innovations. PT Sinar Sosro tea is a pioneer of tea beverages in Indonesia with “Teh Botol Sosro” (TBS) as the brand. The decision of buying something is depend on the willingness of the consumer. The consumers will use various criteria in buying something, it depend on their need, their taste, and their power of purchasing. The success of a product to survive in the trading market is supported by effectiveness of promotional activities. This objective of the study is to get the weight of promotion strategy of Teh Botol Sosro and finds the alternative promotion strategies which are most appropriate for evaluating TBS product sales at PT Sinar Sosro Regional Sales Office (KPW) East Java by comparing several factors, criteria, and sub criteria of constraints and support of the company. The method used in this research was the AHP (Analytical Hierarchy Process). This method is an approach that provides an opportunity for the program manager to be able to build the notion or idea and defines the recent issues to make assumptions in a hierarchy and then get the desired resolution. The use of AHP applies a complex mathematical approaches based on a qualitative approach that is acceptable to all stakeholders and program manager. The data was taken by simply focusing on The Marketing Support (MS) with 15 respondents that expert in the department with program expert choice 2000. Based on the result of this study, the best promotion strategy of Teh Botol Sosro were are at PT Sinar Sosro Regional Sales Office (KPW) East Java in an attempt to increase the selling of Teh Botol Sosro were retaining and increasing the promotions that have been running so far which has the highest weight of 0,419 (priority 1). These alternatives are most effective in increasing the number of selling product and can be the companys strengths in maintaining customer loyalty.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/351/05140405070
Uncontrolled Keywords: AHP (Analytical Hierarchy Process), Bauran Pro- mosi, PT Sinar Sosro Kantor Penjualan Wilayah Jawa Timur, Strategi Promosi, Teh Botol Sosro.,-AHP (Analytical Hierarchy Process), Promotion Mix, PT Sinar Sosro, Regional Sales Office (KPW) East Java, Promotion Strategy, Teh Botol Sosro
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Oct 2014 15:22
Last Modified: 01 Dec 2021 03:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149754
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI_AULIA_FITRIA_FATMA_(105100701111016).pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI_AULIA_FITRIA_FATMA_(105100701111016).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item