Perencanaan Strategis Pengembangan Industri Keripik Buah di UKM Vanesha Fruit Chips Malang Jawa Timur.

Anggraini, Vonia Dwi (2014) Perencanaan Strategis Pengembangan Industri Keripik Buah di UKM Vanesha Fruit Chips Malang Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keripik buah merupakan salah satu inovasi pengolahan buah. Persaingan keripik buah di Malang sangat ketat. Suatu rencana strategi dibutuhkan agar tiap produsen keripik buah tersebut dapat terus bertahan dalam persaingan pasar keripik buah yang ketat. Vanesha Fruit Chips merupakan salah satu produsen keripik buah berbasis UKM (usaha kecil dan menengah) yang ada di Malang. UKM Vanesha Fruit Chips membutuhkan strategi-strategi untuk pengembangan usahanya. Strategi pengembangan ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi persaingan yang semakin ketat di lingkungan industri keripik buah di Malang agar kelangsungan dan konsistensi industri keripik buah yg diproduksi Vanesha Fruit Chips dapat tetap terjaga bahkan dapat lebih baik dari sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh perumusan strategi yang dapat digunakan untuk mengembangkan industri keripik buah di UKM Vanesha Fruit Chips. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menganalisis dan merumuskan strategi pengembangan yaitu Matrik SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats). Analisis SWOT mempertimbangkan kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman yang dimiliki perusahaan. Pemilihan strategi dari analisis SWOT tersebut dilakukan dengan menggunakan metode Analytical Network Process (ANP). Metode ANP ini dapat menentukan alternatif strategi terbaik yang dapat dipilih untuk pengembangan industri keripik buah di UKM Vanesha Fruit Chips. Dari hasil analisis SWOT diperoleh 8 alternatif strategi pengembangan, yaitu strategi SO (Strength-Opportunity) yang terdiri dari pengembangan produk baru maupun produk substitusi serta penambahan kapasitas dan mesin produksi, strategi WO (Weakness-Opportunity) yang terdiri dari pemanfaatan limbah produksi menjadi produk komersial, bekerja sama dengan jasa penyedia modal, dan pemberian modal untuk fasilitas pengembangan, strategi ST (Strength-Threat) yang terdiri dari strategi promosi yang tepat baik wilayah setempat maupun luar daerah dan standarisasi produk, serta strategi WT (Weakness-Threat) yaitu pemasaran dengan sistem online. Dari hasil analisis ANP diperoleh hasil bahwa melakukan pengembangan produk baru maupun produk substitusi merupakan strategi pengembangan terbaik yang dapat diterapkan UKM Vanesha Fruit Chips.

English Abstract

Fruit chips is one of the fruit processing innovation. Industrial competition of fruit chips in Malang is very fierce. A strategic plan is needed in order to each of these fruit crisps manufacturers can continue to survive in the market competition stringent fruit chips. Vanesha Fruit Chips are one of the manufacturers of fruit chips based SME (small and medium enterprises) in Malang. SMEs Vanesha Fruit Chips requires strategies for business development. This development strategy is needed to anticipate the increasingly fierce competition in the fruit chips industry in Malang so that the continuity and consistency of fruit chips industry which produced Vanesha Fruit Chips can be maintained even be better than before. The purpose of this study is to obtain the formulation of strategies that can be used to develop fruit chips industry in the SME Vanesha Fruit Chips. One of the methods that can be used to analyze and formulate a development strategy is SWOT matrix (Strength, Weakness, Opportunity, Threats). SWOT analysis considering the strengths, weaknesses, opportunities, and threats of the company. Selection strategy of SWOT analysis is done by using the Analytical Network Process (ANP). The ANP method can determine the best alternative strategies that can be selected for the development of the fruit chips industry in the SME Vanesha Fruit Chips. The results of the SWOT analysis retrieved 8 alternative development strategy consist of strategies SO (Strength-Opportunity) which consists of the development of new products or product substitution and increasing the capacity and production machines, strategies WO (Weakness-Opportunity) which consists of the utilization of production waste into commercial products, working closely with service providers of capital , and the provision of capital for facility development, strategy ST (Strength-Threat) which consists of the right promotional strategy both locally and outside the region and standardization of products, and strategies WT (Weakness-Threat) is marketing with the online system. The weighting result of Analytical Network Process (ANP) method, obtained that make the development of new products or product substitution is the best development strategy that can be applied to SMEs Vanesha Fruit Chips

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/350/05140405069
Uncontrolled Keywords: Analytic Network Process (ANP), Keripik Buah, SWOT,-Analytic Network Process (ANP), Fruit Chips, SWOT
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Oct 2014 15:15
Last Modified: 01 Dec 2021 03:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149753
[thumbnail of 2_A5_halaman_judul-dftar_isi.pdf]
Preview
Text
2_A5_halaman_judul-dftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4_A5_Daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
4_A5_Daftar_pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3_A5_bab_1-5.pdf]
Preview
Text
3_A5_bab_1-5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1_A5_cover.pdf]
Preview
Text
1_A5_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5_A5_Lampiran.pdf]
Preview
Text
5_A5_Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of pengesahan.pdf]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of persetujuan.pdf]
Preview
Text
persetujuan.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item