Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Susu Pasteurisasi di KUD SAE Pujon Menggunakan Partial Least Square (PLS).

cahyadi, Achmad Bagus (2014) Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Susu Pasteurisasi di KUD SAE Pujon Menggunakan Partial Least Square (PLS). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tingkat konsumsi susu yang semakin meningkat membuat beberapa perusahaan saling memperebutkan pasar. Salah satu industri pengolahan susu yang ikut andil dalam persaingan tersebut adalah KUD SAE Pujon. Produk dari KUD SAE Pujon adalah susu pasteurisasi yang mempunyai segmentasi pasar kelas menengah ke bawah. Beberapa perusahaan besar ikut bersaing di segmentasi ini sehingga menjadi ancaman serius bagi perusahaan kelas menengah seperti KUD SAE Pujon. Dalam menghadapi persaingan tersebut perlu adanya strategi pemasaran yaitu marketing mix 7P. Penerapan marketing mix tersebut dianggap perusahaan telah mampu mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian sehingga produk hingga saat ini bisa tetap bertahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian. Strategi marketing mix 7P dilakukan melalui pemasaran produk yang dikenal 4P (product, price, promotion dan place) dan pemasaran jasa 3P (people, process, dan physical evidence). Penelitian ini akan menggunakan variabel dari marketing mix 7P dan melibatkan 97 konsumen sebagai responden. Metode yang digunakan untuk mengolah data adalah Partial Least Square (PLS). Metode ini berfungsi untuk mengetahui pengaruh antar 2 variabel atau lebih. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa variabel marketing mix berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian susu pasteurisasi KUD SAE Pujon. Besarnya nilai pengaruh variabel marketing mix dapat dilihat pada diagram jalur, dimana variabel product (X1) berpengaruh sebesar 0,130, price (X2) sebesar 0,103, promotion (X3) sebesar 0,273, place (X4) sebesar 0,208, people (X5) sebesar 0,199, pocess (X6) sebesar 0,056 dan physical evidence (X7) sebesar 0,041. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian susu pasteurisasi KUD SAE Pujon adalah promotion. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel yang paling berpengaruh secara signifikan adalah variabel promotion dengan indikatornya spanduk toko. Jika KUD SAE Pujon ingin meningkatkan penjualan susu pasteurisasi disarankan agar KUD SAE Pujon lebih mengoptimalkan strategi promosi. Strategi promosi yang dapat dilakukan dengan cara mengoptimalkan strategi yang sudah dilakukan saat ini dan menambah strategi baru yang bisa diterapkan dalam jangka waktu dekat yaitu melakukan personal selling. Untuk penelitian selanjutnya pada topik dan lokasi yang sama sebaiknya indikator diskon tidak perlu dicantumkan, karena indikator diskon kurang bisa mewakili variabel price.

English Abstract

The increasing of milk consumption makes some companies compete over the market. One of the processing industries milk who had participated in the competition is KUD SAE Pujon. The product of KUD SAE Pujon are pasteurized milk that has segmentation market the lower middle class. Some big companies are compete in this segmentation so that it becomes a serious threat to the middle class companies such as KUD SAE Pujon. In facing competition, marketing strategies is needed i.e marketing mix 7P. Company has been considering that marketing mix application has impact on purchasing decision of consumer so that the product can be sustainable in market. The purpose of this research is to know the level of influence of the marketing mix to the purchasing decision. Marketing mix 7P strategy is done through 4P (product, price, promotion and place) wich is product marketing and 3P (people, process, and physical evidence) wich is service marketing. This research used variable from marketing mix 7P and were involved 97 consumers as respondents. The data was analyzed using PLS method to know marketing mix variable on purchasing decision of consumer. The research result showed that marketing mix variables influences positively to purchasing decision of pasteurized milk in KUD SAE Pujon. With the value could be seen on path diagram i.e variable product (X1) = 0.130, price (X2) = 0.103, promotion (X3) = 0.273, place (X4) = 0.208, people (X5) = 0.199, process (X6) = 0.056 and physical evidence (X7) = 0.041. Based on the result of hypotesis test cab be known that variable influence significantly of the decision purchased pasteurized milk KUD SAE Pujon is promotion. The result of hypotesis test showed that promotion variable with banner of the store as indicator influences significantly to purchasing decision. KUD SAE Pujon should optimized recent strategy to increase sales of pasreurized milk it should also do personal selling as new strategy wich can be applied in a short period. For further research with the same topic and location, it is sugested to eliminate discount as indicator of price since.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/337/051405012
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2014 07:42
Last Modified: 11 Mar 2022 04:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149739
[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_Achmad_Bagus_C.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_LENGKAP_Achmad_Bagus_C.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item