Preferensi Konsumen Terhadap produk Keripik Buah So Kressh Menggunakan Analisis Konjoin

Andriyani, Fenti (2014) Preferensi Konsumen Terhadap produk Keripik Buah So Kressh Menggunakan Analisis Konjoin. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keripik merupakan makanan camilan yang mempunyai daya awet yang cukup tinggi, rasa yang enak dan variasi yang banyak sehingga dapat memenuhi selera konsumen. Keripik buah adalah salah satu bentuk produk industri yang mengolah buah segar menjadi keripik buah. Salah satu UKM yang memproduksi keripik buah adalah CV. Kajeye Food, dengan nama merek dagang So Kressh. Kebutuhan konsumen akan produk-produk yang berkualitas dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya akan menjadikan konsumen semakin selektif dalam memilih produk yang akan dikonsumsi. Setiap konsumen memiliki kriteria karakteristik suatu produk sesuai dengan preferensi mereka masing-masing. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan atribut apa yang paling disukai oleh konsumen dan mengetahui tingkat kepentingan atribut. Empat atribut yang digunakan pada penelitian ini yakni jenis keripik, harga keripik, tekstur keripik dan warna keripik. Tingkat kepentingan atribut yang dihasilkan dilakukan dengan metode analisis konjoin yang diolah dengan menggunakan bantuan software SPSS 17.0 for windows dengan alat utama kuesioner sebagai instrumen dalam mendapatkan data responden. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa keripik buah So Kressh yang lebih disukai konsumen adalah profil 3 didapatkan nilai kegunaan sebesar 4,62 dengan kombinasi keripik salak, dengan harga <Rp 12.000, tekstur renyah dan warna yang tidak menonjol warna buah. Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan urutan atribut yang mempengaruhi preferensi keripik buah adalah atribut tekstur, harga, jenis, dan warna dengan tingkat vi kepentingan secara berurutan sebesar 49,99%, 29,99%, 19,263%, dan1,439%. Tingkat kepentingan atribut menunjukan bahwa konsumen dalam memilih dan membeli produk akan mempertimbangkan atribut tekstur terlebih dahulu.

English Abstract

Chips is a snack food which have a high preservation, good taste and many variation so it can meet the consumers need. Fruit chips are one form of the industrial product which is processed from fresh fruit. One of the SMES which produce fruit chips is CV. Kajeye Food, with the trademark name of the product is So Kressh. Consumers need will be good products to meet the needs and wish to make consumers more selective on choosing a product that will be consumed. Every consumer has the characteristics of a product criteria according to their preferences. The purpose of this research to are identify what attributes are most favored by consumers and know the importance of the attributes. The attributes are the variance of chips, price of chips, texture of chips and color of chips. Conjoint analysis is was used to determine the importance of attributes. The data were taken from respondents using questionnnaire then were processed using sofware SPSS 17.0 for windows. The result of this research is the most prefered So Kressh fruit chips was profil 3 has utility value with 4.62 with the attributes combination salak fruit chips,with price was < Rp 12,000, crunchy texture, and having unprominent fruit color. Based on the result of data the results of processing,the attributes which give impact to consumer preference were texture, price, variance, and color with importance level of 49.99%, 29.99%, 19,263%, and 1,439%. The importance of attributes consumers give priority on texture in selecting and purchasing products So Kressh fruit chips.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/321/051404957
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Aug 2014 15:24
Last Modified: 30 Mar 2022 02:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149721
[thumbnail of FENTI ANDRIYANI.pdf]
Preview
Text
FENTI ANDRIYANI.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item