Probosuci, Kustania (2014) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus: Restoran Jepang Saboten Shokudo Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dibutuhkan pelanggan yang loyal untuk bertahan di tengah persaingan yang semakin kompetitif salah satunya dengan menerapkan strategi bauran pemasaran. Restoran Jepang Saboten Shokudo telah berupaya menciptakan loyalitas dengan menerapkan bauran pemasaran akan tetapi belum diketahui apakah variabel bauran pemasaran tersebut sudah mewakili kebutuhan dan keinginan pelanggan sehingga diperlukan penelitian yang mendalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda yang merupakan suatu analisis untuk menjelaskan akibat dan besarnya akibat yang ditimbulkan oleh satu atau lebih variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel bebas adalah loyalitas pelanggan dan varibel terikat adalah bauran pemasaran. Responden penelitian ini adalah konsumen yang sudah pernah mengunjungi Restoran Saboten dua kali atau lebih. Teknik pengambilan sampel dilakukan purposive sampling dengan jumlah sampel sebesar 100 sampel. Model regresi memenuhi keempat asumsi klasik. Berdasarkan uji regresi linier diperoleh nilai konstanta sebesar 0,448 dan seluruh koefisien regresi bertanda positif. Hasil uji F menunjukkan seluruh variabel independen berpengaruh signifikan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji t didapatkan variabel yang berpengaruh signifikan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan adalah promosi dan bukti fisik. Koefisien determinasi menunjukkan R2 sebesar 0,566. Urutan variabel bauran pemasaran yang paling berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan yaitu variabel bukti fisik, promosi, orang, harga, produk, proses, tempat. Penelitian lebih lanjut disarankan menambah variabel independen lain selain variabel bauran pemasaran serta pihak manajemen Restoran Jepang Saboten Shokudo diharapkan meningkatkan performa variabel Produk.
English Abstract
Required customers loyal to stay competitive an increasingly competitive one of them by applying marketing mix strategy.Saboten Shokudo Japanese Restaurant have tried to create loyalty by applying marketing mix strategy but not yet known if they already represent a commercial customers need and want to study so deep. The methods used in this research are multiple linear regression, which is an analysis to explain the consequences and the magnitude of the effect caused by one or more free variables to one variable. In the study which became a dependent variable is a customer loyalty and independent varibel is a marketing mix. Respondents to this research was consumers whove visited Restaurant Saboten twice or more. Purposive sampling technique used with 100 samples. Regression model meet four classical assumption. Based on the linear regression obtained constant value of 0.448 and all regression coefficient is positive. F test results showed all independent variables simultaneously have a significant effect on customer loyalty. T-test results obtained variables that partially have a significant influence to customer loyalty is Promotion and Physical Evidence. The coefficient of determination test show R2 is 0.566. The order of the marketing mix variables that most affect the customer loyalty that is variable Physical Evidence, Promotion, People, Price, Product, Process and Place. Further research is recommended to add another independent variable in addition to the marketing mix variables as well as the management of Saboten Shokudo Japanese Restaurant is expected to improve the performance of a variable product.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2014/319/051404955 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 22 Aug 2014 14:48 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 03:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149718 |
Text
Skripsi_-_Kustania_Probosuci_(105100701111033).pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |