Perencanaan Strategi Pemasaran Produk So Kreesh Menggunakan Metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) (Studi Kasus : CV. Kajeye Food).

Pramesti, Ninggar (2014) Perencanaan Strategi Pemasaran Produk So Kreesh Menggunakan Metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) (Studi Kasus : CV. Kajeye Food). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Agroindustri kini makin banyak yang tumbuh di dunia bisnis. Hal tersebut ditandai dengan pertumbuhan UKM yang makin meningkat salah satunya UKM yang bergerak pada olahan buah. Setiap perusahaan maupun UKM tentunya memiliki tujuan untuk dapat tetap berkembang pada persaingan bisnis ini. Maka diperlukan strategi agar dapat menggunakan peluang pasar yang sesuai. Untuk merebut pasar industri perlu dilakukan strategi pemasaran yang lebih optimal, maka perencanaan strategi pemasaran ini dilakukan menggunakan matriks QSPM. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan alternatif strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan oleh CV. Kajeye Food dan mendapatkan urutan prioritas strategi pemasaran yang tepat dengan metode QSPM. Diketahui kelemahan, kekuatan, peluang dan ancaman dari perusahaan kemudian ditentukan bobot serta ratingnya. Sehingga diketahui rata-rata tertimbang pada matriks IFE dan EFE. Pentuan bobot dan rating dilakukan oleh responden perusahaan. Pada bobot skor matriks IFE dan EFE dapat ditentukan matriks IE. Matriks IE sebagai penentu perusahaan berada di posisi sel 1-9. Selanjutnya, analisis SWOT dapat dilakukan sebagai alternatif strategi. Sehingga akan didapatkan prioritas strategi dengan menggunakan matriks QSPM. Hasil dari penelitian ini menunjukan bobot skor pada rata-rata tertimbang matriks IFE 2,82 sedangkan pada matriks EFE 2,14. Berdasarkan bobot skor tersebut didapatkan matriks IE terletak pada sel V hold and maintain yaitu penetrasi pasar dan pengembangan produk. Alternatif strategi pengembangan didapatkan melalui matriks SWOT dengan menformulasikan strategi berdasarkan penggabungan antara faktor internal dan eksternal. Dari alternatif tersebut perhitungan dengan matriks QSPM didapatkan nilai terbesar 6,33 dengan strategi melakukan inovasi varian produk yang diolah. Alternatif strategi yang didapatkan memiliki sepuluh alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan. Dari alternatif tersebut didapatkan tiga urutan prioritas strategi. Urutan tiga prioritas perencanan strategi yang bisa diterapkan oleh CV Kajeye Food ini ialah melakukan inovasi pada varian produk yang diolah, menjaga dan mempertahankan kualitas produk, dan melakukan kerjasama dengan produsen/pemasok penghasil buah.

English Abstract

Agroindustry has developed in the business world nowadays. It is characterized by the growth of small scale industry which focus on fruit processing. Each company and small scale industry certainly has an objective to stay expand the competition on this business. Strategy is required in order to use the appropriate market opportunity. To seize the market industry more optimal marketing strategies is needed. Therefore, the QSPM matrix is used. The significance of study is to get the proper marketing strategy alternatives which can be applied by CV. Kajeye Food and get the right priority of marketing strategies with QSPM method. Weaknes, strength, opportunities and threat is known from the company first. After that the weighting and rating are determined. So the weighted average at IFE and EFE matrix can be known. IE matrix as a determination of the company position in cell 1 until 9. Next, SWOT analysis can be performed as an alternative strategy. So it will get priority strategy by using QSPM matrix. The result of the study showed the weight of the score at the average weighted in IFE matrix 2,82 while EFE matrix 2,14. Based on the weight of the score was obtained a matrix IE located on cell V as hold and maintain, that is market penetration and product development. The alternative development strategy through SWOT matrix is obtained by formulating the strategies to combine both the internal and external factors. The calculation using QSPM matrix from the alternative resulted the value of 6.33 by doing an innovation strategy of variant products. The alternative strategy have ten alternative strategy to be applied by the company. Regarding to the alternative strategy, three order priorities is obtained in order. Top three priority x planning strategy which can be applied by CV. Kajeye Food is conducting the innovation on variant products processed, keep and hold the product quality, and have a partnership with producers / purveyor fruit producing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/299/051404848
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Aug 2014 14:15
Last Modified: 21 Oct 2021 03:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149697
[thumbnail of 1._COVER.pdf]
Preview
Text
1._COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._Lembar_Peruntukan.pdf]
Preview
Text
4._Lembar_Peruntukan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2._LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._SUMMARY_RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
6._SUMMARY_RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._Pernyataan_Keaslian_Tugas_Akhir.pdf]
Preview
Text
5._Pernyataan_Keaslian_Tugas_Akhir.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._Riwayat_Hidup.pdf]
Preview
Text
3._Riwayat_Hidup.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._DAFTAR_ISI_(1).pdf]
Preview
Text
8._DAFTAR_ISI_(1).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
7._KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2.pdf]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._DAFTAR_ISI_(2).pdf]
Preview
Text
9._DAFTAR_ISI_(2).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_1.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_3,4,5,6.pdf]
Preview
Text
Lampiran_3,4,5,6.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_2.pdf]
Preview
Text
Lampiran_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_7,8.pdf]
Preview
Text
Lampiran_7,8.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item