Analisis Faktor-Faktor Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Restoran Quick Chicken Sengkaling Malang Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD)

Permatasari, Rachmita (2014) Analisis Faktor-Faktor Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Restoran Quick Chicken Sengkaling Malang Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan bisnis pangan semakin meningkat, salah satunya adalah restoran siap saji. Salah satu restoran siap saji di Kabupaten Malang adalah Restoran Quick Chicken. Restoran Quick Chicken mengalami fluktuasi jumlah pengunjung yang disebabkan oleh persaingan pasar. Dari fluktuasi jumlah pengunjung, Restoran Quick Chicken ingin melakukan penilaian untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen. Dalam studi kasus ini dipilih Miami Chicken sebagai restoran pesaing untuk membandingkan kualitas pelayanan. Studi kasus ini bertujuan untuk menentukan faktor yang menjadi prioritas utama konsumen terhadap kualitas pelayanan dan untuk menentukan faktor yang perlu untuk diperbaiki dalam memenuhi kepuasan konsumen pada Restoran Quick Chicken Sengkaling. Penerapan metode QFD pada penelitian ini dapat memberikan berbagai informasi mengenai kebutuhan dan keinginan konsumen. QFD merupakan alat yang digunakan untuk pelaksanaan Total Quality Manajement (TQM) dalam pengembangan produk. Melalui metode Quality Function Deployment (QFD) ini diharapkan Quick Chicken Sengkaling dapat memahami dengan baik bagaimana kurangnya kualitas pelayanan yang diberikan ke konsumen saat ini dan untuk kedepannya dapat diperbaiki. Dari penelitian, dapat ditentukan bahwa faktor yang menjadi prioritas utama konsumen terhadap kualitas pelayanan pada Restoran Quick Chicken Sengkaling adalah peningkatan sistem manajemen perusahaan. Faktor yang perlu untuk diperbaiki dalam memenuhi kepuasan konsumen pada Restoran Quick Chicken Sengkaling dengan metode Quality Function Deployment (QFD) adalah peningkatan dalam proses suplai bahan, peningkatan dalam proses penyimpanan bahan, peningkatan dalam proses pemasakan, peningkatan dalam proses pembersihan ruang, peningkatan dalam proses pencucian (washing) dan peningkatan sistem manajemen perusahaan.

English Abstract

The growing of food business is increasing, one of that is a fast-food restaurant. One of the fast-food restaurant in Malang is Quick Chicken Restaurant. The number of visitors was fluctuate due to market competition. From uncertain visitors number fluctuations, Quick Chicken Restaurant wants to conduct an assessment to determine needs and desire of consumers. In this case study, Miami Chicken chosen as the top contender to compare the quality of service. The purpose of this study to explain the factor that has main priority of consumers with quality of services and to explain the factor that need to be improved to meet customer satisfaction in Quick Chicken Restaurants Sengkaling. The use of QFD method in this study can provide a variety of information about the needs and of mix consumers want. QFD is a tool that used for the implementation of Total Quality Management (TQM) in product development. Through the method of Quality Function Deployment (QFD), Quick Chicken Sengkaling is expected can better understand how the lack of quality of service provided to consumers today and can be improved in the future. From this research, it can be seen that a top priority factor of customer in Quick Chicken Restaurant Sengkaling service qualitiy is an increase in the company management system. The factor that need to be improved to meet customer satisfaction in Quick Chicken Restaurants Sengkaling by Quality Function Deployment (QFD) method is an increase in the supply of materials process, an increase in the storage of material process, an increase in the cooking process, an increase in the cleaning room process, an increase in the washing process and improvement a company management system.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/295/051404716
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 18 Aug 2014 08:37
Last Modified: 09 Nov 2021 06:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149692
[thumbnail of Full_Teks.pdf]
Preview
Text
Full_Teks.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item