Pengaruh Aktivator dan Waktu Kontak Terhadap Kinerja Arang Aktif Berbahan Eceng Gondok (Eichornia Crossipes) Pada Penurunan COD Limbah Cair Laundry.

Gumelar Dalas (2014) Pengaruh Aktivator dan Waktu Kontak Terhadap Kinerja Arang Aktif Berbahan Eceng Gondok (Eichornia Crossipes) Pada Penurunan COD Limbah Cair Laundry. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Eceng gondok adalah tanaman perairan yang mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan dan berkembang biak secara cepat. Air limbah laundry mengandung bahan kimia dengan konsentrasi yang tinggi antara lain, BOD (Biological Oxygen Demand) dan COD (Chemical Oxygen Deman) tinggi. Karbon aktif merupakan bahan kimia yang saat ini banyak digunakan dalam industri yang menggunakan proses adsorpsi dan purifikasi. Karbon aktif dibuat melalui proses aktivasi dengan menambahkan bahan-bahan kimia. Senyawa kimia yang sering digunakan dalam industri pembuatan karbon aktif adalah ZnCl2, KOH, H2SO4, dan HCl. Masing-masing jenis aktivator akan memberikan efek/pengaruh yang berbeda-beda terhadap luas permukaan maupun volume pori-pori karbon aktif yang dihasilkan. Karbon aktif eceng gondok hasil perendaman HCl 5M memiliki luas permukaan yang paling baik sebesar 842.04 m2/gr diibandingkan dengan adsorben komersial yang hanya memiliki luas permukaan sebesar 26.038 m2/gr. Kadar COD rata-rata dari limbah laundry sebesar 785.39 mg/L. Waktu kontak yang baik untuk menurunkan kadar COD pada penelitian ini adalah pemberian adsorben 5M selama 120 menit pada limbah laundry. Kualitas adsorben eceng gondok hasil perendaman HCl 5M sama baiknya dengan adsorben komersial karena hasil uji T menunjukkan hasil yang tidak berbeda nyata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/292/051404713
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 18 Aug 2014 09:25
Last Modified: 09 Nov 2021 06:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149689
[thumbnail of SKRIPSI_DALAS_PDF.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_DALAS_PDF.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item