Analisis Atribut Produk Yang Mempengaruhi Kategori Kepuasan Konsumen Dengan Metode Kano Dan Root Cause Analysis (Studi Kasus Di Citra Kendedes Cake & Bakery, Malang)

Aprilina, Dewi (2014) Analisis Atribut Produk Yang Mempengaruhi Kategori Kepuasan Konsumen Dengan Metode Kano Dan Root Cause Analysis (Studi Kasus Di Citra Kendedes Cake & Bakery, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Citra Kendedes Cake & Bakery merupakan perusahaan industri menengah yang memproduksi beberapa jenis produk makanan, terutama roti. Banyaknya industri roti yang ada di kota Malang tentu akan turut meramaikan persaingan harga, produk maupun persaingan merebut konsumen sehingga perusahaan dituntut untuk mempertahankan konsumen dengan memberikan kepuasan. Kepuasan konsumen akan tercapai apabila perusahaan mampu mengatasi permasalahan yang menyebabkan kurangnya tingkat kepuasan konsumen terhadap produk yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kategori kepuasan konsumen terhadap atribut-atribut produk Citra Kendedes Cake & Bakery dan menentukan atribut-atribut apa saja yang perlu diperbaiki Citra Kendedes Cake & Bakery. Metode yang digunakan yaitu metode Kano, untuk mengelompokkan customer requirement produk ke dalam lima kategori yaitu must-be, one-dimensional, attractive, indifferent dan reverse. Metode lanjutan yang digunakan yaitu metode Root Cause Analysis (RCA) yang akan menganalisa atribut-atribut penyebab berkurangnya tingkat kepuasan konsumen melalui hasil dari pembobotan atribut-atribut pada metode Kano. Penelitian ini dilakukan di Citra Kendedes Cake & Bakery outlet Dinoyo dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 108 responden dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Hasil analisa menggunakan metode Kano menunjukkan bahwa atribut yang termasuk dalam kategori attractive adalah bahan kemasan yang ramah lingkungan, kepraktisan kemasan (mudah dibawa untuk oleh-oleh) dan pencantuman komposisi pada kemasan. Atribut yang termasuk kategori one-dimensional yaitu atribut penambahan variasi rasa/isi dalam roti (keju, cokelat, blueberry, strawberry, sosis, vanilla), jenis bentuk roti yang terdiri dari oval, bulat, persegi, maupun persegi panjang, ukuran roti yang bermacam-macam dari ukuran kecil, sedang hingga besar, warna dan bentuk kemasan yang menarik serta pencantuman tanggal kadaluarsa pada kemasan. Atribut yang termasuk kategori indifferent yaitu adanya peningkatan harga sesuai dengan peningkatan kualitas produk. Atribut yang paling mempengaruhi ketidakpuasan konsumen dan perlu diperbaiki yaitu pada atribut pencantuman tanggal kadaluarsa pada kemasan dengan nilai IBT -0,849. Hasil analisa Root Cause Analysis (RCA) menunjukkan penyebab kurangnya kepuasan pada pencantuman tanggal kadaluarsa disebabkan tidak adanya pencantuman tanggal kadaluarsa pada kemasan dengan alasan untuk menghemat biaya, kemasan tranparan, dan masa kadaluarsa produk yang sangat pendek.

English Abstract

Citra Kendedes Cake & Bakery is middle industry which produces many kinds of food , especially breads. There are a lot of bakery shops in malang that will give the lowest price competitively. It causes some of bakery shops are demanded to give the customers satisfaction. It will be achieved when the company are able to solve the problems which cause the reduce of consumens satisfaction level toward the product. This study aimed to determine the customer satisfaction category toward the attributs product of Citra Kendedes Cake & Bakery and to determine the attributs that have to be improved by Citra Kendedes Cake & Bakery. The method which is applied in this study is Kano method, to recognize the customer requirement of products into five categories: must-be, one- dimensional, attractive, indifferent and reverse. The other method used by the researcher is the Root Cause Analysis (RCA) method to analyze the cause of reducing customer satisfaction level through the results of the weighting by Kano method. This study was conducted in Citra Kendedes Cake & Bakery outlet Dinoyo by spreading the questionnaires to 108 respondents with accidental sampling technique. From the analysis using Kano method, it can be seen that attributes that including into attractive category are environmentally and friendly packaging materials, practicality packaging (easily to carry home) and the composition displayed. An attribute which includes one- dimensional are the variety of additional taste of the breads (cheese, chocolate, blueberries, strawberries, sausage, vanilla), the shape of bread consists of oval, round, square, or rectangle, size of bread is from small, medium to large, the color and shape of packaging and the expired date. Attribute that includes indifferent category is the increasing of price which inline with the quality of product. Furthermore, the most attributes that influences the dissatisfaction consumer that need to improve the expired date on the packaging with the IBT 0.849 value. Moreover, RCA analysis it shows that the reason of reducing the customers satisfaction on the expired date is because there is no expired date on the packaging budget saving, transparant package, and short expired date

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/284/051404404
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 14 Aug 2014 10:22
Last Modified: 09 Nov 2021 06:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149680
[thumbnail of Bab_1,2,3,4,5,_Daftar_pustaka,_Lampiran.pdf] Text
Bab_1,2,3,4,5,_Daftar_pustaka,_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of aCover-Daftar_Isi.pdf] Text
aCover-Daftar_Isi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item