Analisis Preferensi Konsumen Waralaba Makanan Cepat Saji Dengan Menggunakan Pendekatan Data Mining Di Restoran X Surabaya

Satiti, Dyah (2014) Analisis Preferensi Konsumen Waralaba Makanan Cepat Saji Dengan Menggunakan Pendekatan Data Mining Di Restoran X Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Restoran X membutuhkan strategi pemasaran yang tepat dengan mengetahui preferensi konsumen sebagai upaya mempertahankan posisi di tengah persaingan restoran cepat saji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui urutan atribut-atribut, preferensi pelanggan berdasarkan segmen, dan segmen prioritas dari restoran X di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan data mining yakni k-means cluster analysis untuk memperoleh segmen konsumen berdasar karakter penilaian preferensi dan neural network backpropgataion untuk membuat model pengenalan pola preferensi konsumen. Hasil penelitian menunjukkan lima atribut terpenting bagi konsumen yaitu lokasi yang strategis, suasana yang bersih dan rapi, adanya areal parkir, suasana nyaman, serta rasa makanan yang lezat. Terdapat tiga segmen konsumen yaitu: konsumen penyuka pelayanan yang ramah, konsumen yang kritis dan konsumen penyuka suasana yang bersih dan nyaman. Segmen yang perlu diprioritaskan oleh restoran X adalah segmen ketiga (konsumen penyuka suasana yang bersih dan nyaman) dengan anggota terbanyak yakni 49,5%. Selain itu, segmen kedua (konsumen yang kritis) perlu dipertimbangkan melihat anggotanya sebesar 45,5%. Dibutuhkan perbaikan kualitas kondisi restoran, menu makanan, pelayanan dan intensitas promosi untuk membidik dua segmen ini.

English Abstract

Restaurant X needs a proper marketing strategy by determine consumer preferences in order to maintain a position in competitive fast-food restaurant. The purpose of this study was to determine the sequence of attributes,customer preferences based segments, and segment priorities of restaurant X Surabaya. This study used data mining approaches, there were k-means cluster analysis to obtain a consumer segment based character assessment and neural networkbackpropragation to make consumer preferences recognition pattern model. The results showed he five most important at tributes for consumers is a strategic location, clean and tidy atmosphere, existence of parking areas, comfortable atmosphere, and food taste is delicious. There are three consumer segments: enthusiasts friendly services consumer, critical consumer and consumers who like a clean and comfortable atmosphere. Segments that need to be prioritized by the restaurant X is third segment (consumers who like a clean and comfortable atmosphere) with the most members namely 49.5%. In addition, the second segment (critical consumer) to consider seeing members of 45.5%.Requires improving for restaurant conditions quality, menu, service and promotional intensity to get these two segments.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/282/051404355
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 14 Aug 2014 10:31
Last Modified: 21 Oct 2021 02:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149678
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_I-V__Lampiran_.pdf]
Preview
Text
Bab_I-V__Lampiran_.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item