Analisis Efisiensi Distribusi Produk Dengan Metode Data Envelopment Analysis (DEA) (Studi Kasus Pada UD Sabar Jaya Malang).

Maharani, Shintya (2014) Analisis Efisiensi Distribusi Produk Dengan Metode Data Envelopment Analysis (DEA) (Studi Kasus Pada UD Sabar Jaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Distribusi adalah suatu kegiatan yang berperan menghubungkan kepentingan produsen dengan konsumen. Distribusi ini memegang peranan penting dari suatu penawaran produk dan perlu dilakukan secara efisien agar dapat memberikan keuntungan yang proporsional bagi produsen yang bersangkutan. Usaha dagang (UD) Sabar Jaya merupakan salah satu usaha pengolahan pangan yang memproduksi keripik buah yang terdapat di kota Malang. Penelitian ini mengukur tingkat efisiensi daerah distribusi UD Sabar Jaya serta menentukan strategi perbaikan yang cocok untuk meningkatkan efisiensi distribusi UD Sabar Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data Envelopment Analysis (DEA). DEA adalah metode non-parametrik yang didasarkan pada linear programming dan digunakan untuk mengukur efisiensi. Penelitian dilakukan di 5 daerah distribusi yaitu Batu, Sanan, Turen, Karanglo dan Gadang. Hasil penelitian didapatkan bahwa daerah yang efisien adalah Batu, Sanan dan Gadang dengan nilai efisiensi sebesar 100%. Adapun daerah yang tidak efisien yaitu Turen dengan nilai efisiensi sebesar 83,3% dan Karanglo dengan nilai efisiensi sebesar 91,7%. Strategi perbaikan untuk Turen dan Karanglo berdasarkan output potential improvement yaitu dengan mengurangi jumlah distributor, mengurangi jumlah pengiriman, mengurangi biaya distribusi, meningkatkan penerimaan dan meningkatkan keuntungan dari distributor. Analisis sensitivitas dalam DEA dilakukan dengan memperhatikan perubahan skor efisiensi pada suatu DMU. Jika dilihat secara keseluruhan, variabel yang paling bisa diabaikan adalah jumlah pengiriman.

English Abstract

Distribution is an activity that plays a role to connect the interests of producers and consumers. This distribution plays an important role of a product and needs to be done efficiently in order to provide a benefit that is proportional to the manufacturers concerned. UD Sabar Jaya is one of the food processing business which produces fruit chips located in Malang. This study measures the level of efficiency in regional distribution of UD Sabar Jaya and determines appropriate remediation strategies to improve the efficiency of UD Sabar Jaya distribution. The method use in this study is the Data Envelopment Analysis (DEA). DEA is a non-parametric method based on linear programming and use to measure efficiency. The study consists in five areas, Batu, Sanan, Turen, Karanglo and Gadang. The result shows that the efficient areas are Batu, Sanan and Gadang with the score of efficiency is 100%. The inefficient areas are Turen with score of efficiency is 83,3 % and Karanglo with score of efficiency is 91,7 %. Improvement strategies for Turen and Karanglo based on the output is reduce the number of distributors, reduce the number of deliveries, reduce distribution costs, increase revenues and increase profits of distributors. Sensitivity analysis in DEA conducts by observing changes in the efficiency score of a DMU. When views as a whole, variable that can be ignored the most is the number of shipments.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/275/051404348
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 14 Aug 2014 13:38
Last Modified: 09 Nov 2021 06:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149670
[thumbnail of SKRIPSI__full__-_SHINTYA_MAHARANI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI__full__-_SHINTYA_MAHARANI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item