Analisis Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan serta Organisasi Pembelajar Terhadap Kompetensi Karyawan dengan Metode Analisis Jalur (Studi Kasus di PT. Petrokimia Gresik)

Nur, Fitra Sya`bania (2014) Analisis Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan serta Organisasi Pembelajar Terhadap Kompetensi Karyawan dengan Metode Analisis Jalur (Studi Kasus di PT. Petrokimia Gresik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Era globalisasi dengan persaingan bisnis yang tajam mulai bermunculan di segala sektor bisnis. Strategi perusahaan untuk memenangkan persaingan harus meningkatkan tingkat produktivitas tenaga kerja, kapital, utilitas dan lain-lain secara efektif dan efisien. Cara peningkatan produktivitas tenaga kerja pada perusahaan adalah dengan meningkatkan kompetensi karyawan. Perusahaan mempertahankan karyawan dengan melakukan pelatihan dan pengembangan. Faktor lain yang berpengaruh terhadap kompetensi karyawan adalah tingkat pendidikan dan organisasi pembelajar. Adanya pengaruh tiga variabel tersebut terhadap kompetensi, maka dapat diketahui variabel-variabel apa saja yang berpengaruh secara signifikan serta dapat menganalisis pengaruhnya terhadap variabel terikat (kompetensi). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat pendidikan, pelatihan dan pengembangan serta organisasi pembelajar terhadap kompetensi karyawan di PT. Petrokimia Gresik dengan menggunakan metode analisis jalur. Analisis jalur memiliki istilah variabel eksogen (exogenous variable) yaitu variabel penyebab dimana dalam penelitian ini adalah tingkat pendidikan, pelatihan dan pengembangan serta organisasi pembelajar dan variabel endogen (endogenous variable) merupakan variabel akibat yaitu kompetensi karyawan. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah bahwa pengaruh variabel eksogen terhadap variabel endogen adalah signifikan. Variabel tingkat pendidikan (X1) serta pelatihan dan pengembangan (X2) berpengaruh signifikan secara langsung maupun tidak langsung melalui variabel organisasi pembelajar (X3) terhadap variabel kompetensi (Y1). Koefisien jalur secara langsung tingkat pendidikan terhadap kompetensi adalah 0.358 dan secara tidak langsung 0.095, pelatihan dan pendidikan terhadap kompetensi adalah 0.623 secara langsung dan tidak langsung adalah 0.058. Koefisien jalur organisasi pembelajar terhadap kompetensi secara langsung yaitu 0.018 dengan pengaruh yang tidak signifikan. Variabel organisasi pembelajar berpengaruh tidak signifikan secara langsung terhadap kompetensi dengan koefisien jalur adalah 0.018.

English Abstract

The globalization era with a keen business competition started popping up in every business sector. The companys strategy to win the competition should increase the level of productivity of labor, capital, utilities and others effectively and efficiently. How the increase in labor productivity in the company is to improve the competence of employees. Companies retain employees with training and development. Another factor influencing the level of competence of employees is education and learning organization. The influence of three variables on competence can be seen any variables that significantly, and to analyze its influence on the dependent variable (competence). The aim of this study is analyzing the effect of educational level, training and development and learning organization to competence of employees at PT. Petrokimia Gresik can be done by using a method called path analysis. Path analysis terms are exogenous variables are called variable causes where the research has level of education, training and development and learning organization, endogenous variables is called variable effect due to employee competence. The results obtained in this study is that the effect of exogenous variables on endogenous variables is significant. Levels of education variable (X1), training and development (X2) have a significant effect directly or indirectly via the learning organization variable (X3) to competence variable (Y1). Path coefficients directly educational level to competence is 0.358 and indirectly 0.095, training and development to competence is 0.623 and indirect is 0.058. Path coefficient of the learning organization to competency directly is 0.018 with no significant effect. Learning organization variables is not significant directly to competence variable with a path coefficient is 0.018.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/209/05140640
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 07 Jul 2014 09:46
Last Modified: 09 Nov 2021 05:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149596
[thumbnail of bab_2,3,4,5.pdf]
Preview
Text
bab_2,3,4,5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of a5_cover.pdf]
Preview
Text
a5_cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of bab_1.pdf]
Preview
Text
bab_1.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item