Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Images Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen Teh Botol Sosro.

Nuriyana, Fatati (2014) Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Images Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen Teh Botol Sosro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teh merupakan salah satu minuman yang populer di dunia dan di Indonesia. Sejalan perkembangan dunia industri, penyajian teh semakin beraneka ragam. Saat ini bermunculan berbagai perusahaan yang memproduksi minuman teh dalam kemasan, salah satunya adalah PT Sinar Sosro. Banyaknya merek-merek minuman teh yang beredar di masyarakat mengindikasikan bahwa persaingannya semakin ketat. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan setiap perusahaan adalah mempertahankan pelanggan dengan meningkatkan loyalitas. Loyalitas konsumen dapat terbentuk dari beberapa faktor, seperti kualitas produk dan brand images karena kualitas produk dan Brand images merupakan faktor yang potensial untuk mengalahkan pesaing. Penelitian tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Teh Botol Sosro, mengetahui pengaruh kualitas produk dan brand images terhadap kepuasan konsumen Teh Botol Sosro serta mengetahui pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen Teh Botol Sosro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi uji residual. Metode ini dipilih karena ada variabel moderating yaitu brand images. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara kualitas produk (X1) dan kepuasan konsumen Teh Botol Sosro (Y1) sebesar 42,8%. Terdapat pengaruh antara variabel kualitas produk (X1) dan brand images (X2) sebesar 53,7%. Terdapat antara kepuasan konsumen (Y1) terhadap loyalitas konsumen Teh Botol Sosro (Y2) sebesar 55,8%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa warna kemasan secara signifikan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen untuk meningkatkan loyalitas konsumen Teh Botol Sosro.

English Abstract

Tea is one drink that very popular in the world and Indonesia. Correspondingly with the development of the industry, serving more diverse tea. Currently many emerging variety of industries that produce bottled drinks tea, one of which is PT Sinar Sosro. The number of beverage brands that circulate in the community indicate that the competition is getting tighter in the beverage industry. One of the important things that need to be done and considered by every company is retaining customers loyalty. Customer loyalty can be formed from several factors, such as product quality and brand images because is a key strategic weapon to beat the competitors. The purpose of this research were to determine the effect of product quality on customer satisfaction Teh Botol Sosro, to determine the effect of product quality and brand images to customer satisfaction Teh Botol Sosro and to determine the effect of customer satisfaction on consumer loyalty Teh Botol Sosro. The method used in this study is the analysis regression with residuals test. This method was chosen because of the moderating variable which in this study is the brand images. The results obtained in this study is that there is a significant effect of the quality of the product (X1) and customer satisfaction (Y1) Teh Botol Sosro is 42.8%. A significant the relationship between product quality variables (X1) and brand images (X2) is 53.7% . A significant difference between customer satisfaction (Y1) customer loyalty Teh Botol Sosro (Y2) is 55.8%. The results obtained in this study is packaging positive effect to consumer satisfaction and loyalty are positive.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/207/051403554
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Jul 2014 09:35
Last Modified: 22 Oct 2021 07:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149594
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of pembahasan.pdf]
Preview
Text
pembahasan.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item