Pembuatan Ekstrak Oleoresin Daun Sirih Hijau (Piper Betle L.) Sebagai Pengawet Alami (Kajian Suhu Dan Lama Waktu Ekstraksi)

Hamidah, Titin (2014) Pembuatan Ekstrak Oleoresin Daun Sirih Hijau (Piper Betle L.) Sebagai Pengawet Alami (Kajian Suhu Dan Lama Waktu Ekstraksi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Daun sirih hijau merupakan tanaman sejenis rempah-rempah yang bersifat antimikroba, antifungi, dan antioksidan. Daun sirih hijau mengandung minyak atsiri diantaranya adalah senyawa kovikol dan eugenol. Senyawa non volatil lain yang ada pada daun sirih hijau mempunyai karakteristik flavor, warna dan aspek lain yang dapat digunakan sebagai pengawet alami. Selama ini daun sirih hijau hanya digunakan untuk pengobatan tradisional saja, karena itu perlu diolah lebih lanjut. Salah satu pemanfaatan daun sirih hijau diolah menjadi oleoresin. Tujuan penelitian untuk mengetahui suhu dan lama waktu ekstraksi yang tepat untuk menghasilkan zat pengawet alami oleoresin daun sirih hijau yang memiliki kadar total fenol tertinggi. Ekstraksi daun sirih hijau dalam penelitian ini dengan cara perkolasi dan filtrat dipekatkan dengan rotary evaporator vaccum. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) disusun faktorial. Faktor I suhu ekstraksi terdiri dari 4 level yaitu 30; 40; 50 dan 60°C dan faktor II lama waktu ekstraksi terdiri dari 2 level yaitu 1 dan 2 jam. Masing-masing 3 kali diulang. Analisa data menggunakan analisa ragam ANOVA, dilanjutkan dengan uji DMRT 5%. Oleoresin yang diperoleh diuji meliputi rendemen, total fenol dan pH. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh ekstrak oleoresin berwarna hitam pekat, kental, dan memiliki aroma kuat. Hasil terbaik diperoleh dari perlakuan suhu ekstraksi 60°C dan lama waktu ekstraksi 2 jam dengan rendemen 4,85%, total fenol 45,7306 mg GAE/g dan pH 4,69 pada kadar total fenol daun sirih hijau tertinggi. Oleoresin yang dihasilkan bermanfaat untuk mengawetkan produk-produk pangan seperti daging, ayam, ikan, dan sosis, industri pengalengan daging, bahan baku obat, kosmetik, parfum dan fresh drink.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/153/051402883
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 26 May 2014 10:55
Last Modified: 22 Oct 2021 06:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149538
[thumbnail of SKRIPSI_TITIN_HAMIDAH_fix_pdf.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_TITIN_HAMIDAH_fix_pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item