Analisis Faktor Psikografi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Restoran Cepat Saji Di Kota Malang (Studi Kasus Pada Perusahaan PT. X

Ariyanta, I Gede Edy (2014) Analisis Faktor Psikografi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Restoran Cepat Saji Di Kota Malang (Studi Kasus Pada Perusahaan PT. X. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perubahan pola konsumsi dan cara makan masyarakat semakin membaik seiring dengan kemajuan ilmu dan teknologi. Dilihat dari fenomena masyarakat yang menginginkan makanan cepat saji, karena aktivitas masyarakat yang sangat sibuk atau padat dan kecenderungan dari masyarakat Kota Malang, bahwa makan di restoran cepat saji masih dinilai memiliki nilai sosial atau gengsi tersendiri, yang mampu mengangkat kesan akan status dirinya.Tujuan penelitian ini adalah Mendapatkan faktor psikografi yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen restoran cepat saji di kota Malang dan variabel-variabel penyusun faktor psikografi terhadap keputusan pembelian konsumen restoran cepat saji. Metode analisis yang digunakan dalam analisis faktor psikografi adalah analisis faktor. Analisis faktor digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang menjadi pertimbangan utama pelanggan dalam melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di Kota Malang yang meliputi tiga lokasi yang terletak di kawasan Malang Town Square, kawasan Mall Olympick Garden, Kawasan Alun-alun Kota Malang. Pada analisis faktor didapatkan hasil yaitu dari 19 variabel yang diteliti, tersisa 14 variabel yang dapat direduksi menjadi faktor. Jumlah faktor yang terbentuk yaitu empat faktor yang terdiri dari faktor motivasi, faktor persepsi, faktor pembelajaran, dan faktor sikap. Variabel-variabel penyusun faktor psikografi yaitu faktor motivasi adalah X4 dan X5. Pada faktor persepsi, variabelnya adalah X7, X8, X9, X10, X11, dan X12. Pada faktor pembelajaran, variabelnya yaitu X13, X14, dan X15. Pada faktor sikap variabel penyusunnya adalah X16, X17, dan X18.

English Abstract

Change of eating pattern and eating behaviour in society are getting better along with the advances of science and technology. Seen from a phenomenon of society in Malang who wants fast food, because of the activity of people who are very busy or congested and tendency, eating at fast food restaurants are still rated as having social value or prestige of its own, which is able to lift the impression of their status. The purpose of this research is to get the psychographic factors that influence consumer purchase decision on fast food restaurants in Malang city and the constituent variables of psychographic factors of customer purchase decisions on fast food restaurants. Method of analysis used in analysis of psychographic factor is factor analysis. The factor analysis used to analyze factors which become the major considerations of customers in making purchase decisions. This research was conducted in Malang which includes three cities located in Malang Town Square area, Mall Olympic Garden area, and Alun-alun Malang. Steps that performed in analysis of factors that are: formulate the problem, creating correlation matrix, determining the number of factor, rotation factor, and interpretation factor. On the factors analysis, the results that obtained from 19 variables examined, the remaining 14 variables can be reduced become one factor. Number of factors which are formed are four factors, that are motivation factor, perception factor, learning factor, and attitude factor. Constituent variables of psychographic factor are X4 and X5 on motivation factor. On perception factor, the variables are X7, X8, X9, X10, X11, and X12. On learning factor, the variables are X13, X14, and X15. On attitude factor, the constituent variables are X16, X17, and X18.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/110/051402443
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Apr 2014 11:53
Last Modified: 09 Mar 2022 16:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149491
[thumbnail of Skripsi_(I_Gede_Edy_Ariyanta).pdf]
Preview
Text
Skripsi_(I_Gede_Edy_Ariyanta).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item