Analisis Pengaruh Pelayanan Dan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Air Minum Dalam Kemasan Dengan Merek Dagang Exxo (Studi Kasus di PT. Bamard Sukses Mandiri Malang)

Gunawan, Amir (2014) Analisis Pengaruh Pelayanan Dan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Air Minum Dalam Kemasan Dengan Merek Dagang Exxo (Studi Kasus di PT. Bamard Sukses Mandiri Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Bamard Sukses Mandiri adalah salah satu perusahaan yang memproduksi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dengan merek dagang Exxo. Pada proses pemasaran Exxo, diperlukan kualitas pelayanan dan produk yang mampu menjawab kebutuhan konsumen. Permasalahan yang timbul di perusahaan tersebut yaitu produk yang tergolong baru dan belum dikenal masyarakat serta produk Exxo yang masih diproduksi hanya dalam kemasan galon. Produk yang masih baru dan belum terjual bebas di toko-toko sekitar rumah membuat perusahaan harus meningkatkan pelayanannya agar mampu memuaskan konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pelayanan dan produk terhadap kepuasan konsumen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dengan merek dagang Exxo di wilayah Kota Malang. Perhitungan statistik dengan metode regresi berganda menunjukkan bahwa hasil uji F, variabel pelayanan (X1) dan produk (X2) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Hasil perhitungan didapatkan konstanta yang bernilai -2,058. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai variabel terikat (kepuasan konsumen) bernilai negatif sebelum adanya variabel bebas (pelayanan dan produk). Nilai kepuasan konsumen akan naik apabila pelayanan dan produk ditingkatkan. Nilai R Square sebesar 0,773 yang menunjukkan bahwa model regresi yang didapatkan mampu menjelaskan pengaruh antara variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y sebesar 77,3% dan sisanya sebesar 22,7% variabel Y dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya.

English Abstract

PT Bamard Sukses Mandiri is one of the companies that produce Bottled mineral water by using trademarks of Exxo. It needs good quality of service and products which can provide customer needs. The problem that appeared in that company is that its product is quite new and still hasn’t been recognized by the citizens, and also that the Exxo Products which still be produced in gallon package. The new products and still not sold freely in neighborhood stores caused the company have to elevate the quality of the service so finally they can satisfy their customers. The objective of this research was to discover the influence of service variable and products upon the bottled mineral water customer’s satisfaction using the Exxo trademark in Malang. The statistic using the multiple regression showing that the F result, service variable (X1) and products (X2) together has positive influence and significant result upon the customer’s satisfaction (Y). The calculations give result of constants -0.258. This thing shows that the dependent variable (customer satisfaction) has negative value before the existence of independence variable (service and products). The point of satisfaction will rise if the service and products increased. The value R square of 0.773 shows that regression model that has been obtained can explain the influence between variable X1 and X 2 upon the Y variable of 77.3% and the 22.7% of the rest, the Y variable is being influence by another independent variable

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2013/301/051402799
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 20 May 2014 11:26
Last Modified: 22 Oct 2021 03:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149408
[thumbnail of SKRIPSI_AMIR_GUNAWAN.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_AMIR_GUNAWAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item