Analisis Preferensi Konsumen terhadap Atribut Produk Batagor Jepang Takashi Mura dengan Model Kano (Studi kasus di CV. Dapur Unik Indonesia Konsep Outdoor, Malang)

MuftiMochammad (2012) Analisis Preferensi Konsumen terhadap Atribut Produk Batagor Jepang Takashi Mura dengan Model Kano (Studi kasus di CV. Dapur Unik Indonesia Konsep Outdoor, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam perkembangannya saat ini kebutuhan makanan dengan berbagai bentuk dan rasa telah dijadikan sebagai sarana usaha untuk mencari penghasilan. Oleh karena itu, berbagai jenis bentuk dan rasa makanan telah banyak ditawarkan oleh para pelaku ekonomi yang bergerak dalam industri makanan kuliner. Usaha Batagor Jepang mencoba ikut ambil bagian dalam bisnis makanan yang perkembangannya cukup pesat di Kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah menentukan atribut produk Batagor Jepang Takashi Mura berdasarkan preferensi konsumen dan menentukan tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut produk Batagor Jepang Takashi Mura dengan model Kano. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel pelanggan di CV. Dapur Inspirasi Indonesia. Instrumen utama penelitian dilakukan pengumpulan data berupa kuesioner dan diukur dengan skala likert. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 120 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Model Kano Pada penelitian diperoleh kategori atribut Batagor Jepang yang perlu mendapat perhatian khusus dan diperbaiki oleh produsen adalah ada kadar kesesuaian rasa saus teriyaki dan kemasan berbahan kertas berlaminasi (termasuk atribut kategori must be), rasa lebih gurih khas ikan, penambahan macam-macam rasa saus dan penambahan pelengkap sayur rebus (termsauk atribut kategori attractive). Sedangkan atribut yang termasuk kategori indifferent dipertimbangkan karena tidak berpengaruh terhadap kepuasan maupun ketidakpuasan konsumen. Nilai CSC tertinggi pada atribut produk Batagor Jepang adalah rasa lebih gurih khas ikan dengan IBT 0,52 dan IWT -0,41. Tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut produk Batagor Jepang yang lain secara berturut-turut adalah ada penambahan macam-macam rasa saus (IBT 0, 51; IWT -0,41), penambahan pelengkap sayur rebus (IBT 0,504; IWT -0,43), dan kemasan berbahan karton berlaminasi (IBT 0, 41; IWT -0,51). Atribut produk Batagor Jepang yang berpengaruh kecil pada kepuasan konsumen adalah ada kadar kesesuaian rasa saus teriyaki (IBT 0, 36; IWT -0, 60).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2012/67/051201100
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Sep 2012 08:23
Last Modified: 21 Oct 2021 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149174
[thumbnail of Skripsi_Analisis_Preferensi_Konsumen_.pdf] Text
Skripsi_Analisis_Preferensi_Konsumen_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item