S, SagitaDesyP (2012) Implementasi Multidimensional Scaling Berdasarkan Marketing Mix Untuk Penentuan Positioning Brem (Studi Kasus UKM Brem di Kota Madiun). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kota Madiun terkenal dengan brem sebagai makanan khas. Beberapa merek brem yang ada di kota Madiun yaitu Mirasa, Taman Sari, Mega Rasa, Suling Gading dan Suling Populer. Adanya persaingan yang ketat diantara merek-merek brem yang tersebut, mengharuskan produk harus memiliki strategi pemasaran yang tepat dalam menghadapi pesaing-pesaingnya. Strategi pemasaran yang umumnya digunakan oleh UKM atau perusahaan-perusahaan yaitu strategi bauran pemasaran yang menggunakan variable 5 P (product, price, place, promotion, productivity and quality). Suatu tindakan dalam perusahaanan yang berhubungan dengan bauran pemasaran yang bertujuan untuk memberi kesan dan persepsi tertentu di ingatan konsumen disebut juga dengan positioning. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan hubungan kedekekatan dan posisi persaingan produk brem dari persaingan pasar. Dalam penelitian ini menggunakan metode factor analysis dan multidimensional scalling. Factor analysis merupakan salah satu metode multivariate yang digunakan untuk menganalisis variabel-variabel yang diduga memiliki keterkaitan satu sama lain sehingga keterkaitan tersebut dapat dijelaskan dan dipetakan atau dikelompokkan pada faktor yang tepat. Dalam penelitian ini variabel yang digunakan yaitu variabel 5 P dari bauran pemasaran dan selanjutnya akan diolah dengan metode multidimensional scalling. Tujuan dari multidimensional scaling (MDS) adalah untuk memberikan gambaran visual dari pola kedekatan yang berupa kesamaan atau jarak diantara sekumpulan objek-objek Berdasarkan hasil penelitian dengan analisis faktor menunjukan terdapat 4 faktor yang paling berpengaruh yaitu product, price, place, dan productivity and quality selanjutnya diolah dengan menggunakan multidimensional scaling. Hasil dari analisis multidimensional scaling didapatkan bahwa Mega Rasa dan Mirasa mempunyai hubungan kedekatan (kemiripan) pada atribut harga sesuai kualitas sehingga memiliki persaingan yang kuat diantara keduanya pada atribut tersebut. Untuk Suling Gading dan Taman Sari bersaing kuat pada atribut rasa tape yang kuat dan ukuran kemasan bervariasi. Kemudian pada Taman Sari dan Suling Populer bersaing kuat pada atribut ketersediaan produk sesuai kebutuhan konsumen dan atribut minimnya ongkos menuju lokasi penjualan. Sedangkan pada Suling Populer dengan Mirasa dan Mega Rasa bersaing kuat pada atribut kemudahan menjangkau lokasi penjualan dan pada atribut produk sesuai keinginan konsumen. Dari kelima merek brem tersebut bersaing kuat pada atribut mudah mendapatkan produk.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2012/334/051204629 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 18 Dec 2012 09:51 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 06:13 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149097 |
Text
RINGKASAN_DAN_JURNAL_SAGITA.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
SKRIPSI_SAGITA.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |