Pengukuran Kepuasan Konsumen terhadap Inovasi Produk Brownies dengan Metode Servqual (Studi Kasus UKM Sensasi Nusantara (SENTRA) Kota Wisata Batu Jawa Timur)

Kurniawati, Melati (2011) Pengukuran Kepuasan Konsumen terhadap Inovasi Produk Brownies dengan Metode Servqual (Studi Kasus UKM Sensasi Nusantara (SENTRA) Kota Wisata Batu Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemberian inovasi pada produk dilakukan sebagai strategi pemasaran yang diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk brownies pada UKM Sensasi Nusantara (SENTRA), sehingga mampu bersaing dengan UKM lain yang memproduksi brownies. Informasi mengenai seberapa besar strategi pemasaran tersebut telah bekerja dengan baik bagi UKM SENTRA, dapat dilakukan dengan mengukur besarnya kepuasan konsumen terhadap strategi inovasi yang telah dilakukan. Pelanggan merasa puas apabila harapan mereka terpenuhi, dan sebaliknya akan kecewa bila pengorbanan tidak sesuai dengan yang didapat. Pengukuran kepuasan konsumen dapat diselesaikan menggunakan metode Servqual. Metode Servqual merupakan metode pengukuran kualitas pelayanan yang digunakan untuk mengetahui beberapa kriteria kualitas yang harus ditingkatkan kualitas pelayanannya berdasarkan gap yang terjadi antara persepsi dan harapan pelanggan (Nandiroh dan Haryanto, 2006). Pengukuran kepuasan konsumen ini dilakukan dengan menggunakan variabel sevrqual yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy dan ditambah variabel produk yaitu Perfomance. Tujuan penelitian ini adalah mengukur kepuasan konsumen terhadap inovasi produk dan mengetahui dimensi apa saja yang prioritas untuk dilakukan perbaikan. Penelitian ini akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2011 di UKM SENTRA jalan Mojorejo Kota Wisata Batu, Jawa Timur. Pengambilan data primer dengan menberikan kuisioner dilakukan pada 104 responden yang merupakan konsumen UKM tersebut. Metode analisis yang digunakan adalah servqual dengan tiga tahap yaitu Analisis Tingkat Kesesuaian antara Kinerja Inovasi Produk dengan Kepentingan Konsumen (Analisis Kualitas Pelayanan), Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen atas Kualitas Inovasi yang diberikan dan Intrepretasi hasil perhitungan pada Diagram Kartesius. Hasil yang didapat setelah penelitian adalah kuisioner yang disebar valid dan reliabel setelah diuji menggunakan SPSS 17 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan produk brownies sayur dinilai baik oleh sebagian besar konsumennya. Hal ini dilihat dari perbandingan antara nilai persepsi konsumen dan harapan konsumen dimana persentase nilai kesesuaian persepsi dan harapan konsumen secara keseluruhan mencapai 97,08%. Akan tetapi jika dilihat dari tingkat kepuasan konsumen atas inovasi produk menunjukkan adanya kekurangan pada variabel Tangible -0.025, Performance -0.04, Responsiveness -0.004, Assurance -0.03, Emphaty -0.03. Berdasarkan gambar diagram kartesius dimensi konsumen merasakan manfaat yang diberikan produk, merupakan dimensi yang prioritas diperbaiki karena dianggap penting oleh para konsumen tetapi kinerja dari dimensi tersebut belum sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2012/318/051200495
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Oct 2012 10:18
Last Modified: 21 Oct 2021 06:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149078
[thumbnail of 051200495.pdf]
Preview
Text
051200495.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item