Analisis Kualitas Pelayanan Konsumen Dengan Metode Six Sigma (Studi Kasus Di Ud Agronas Gizi Food Batu)

KusumaAndikMarta (2012) Analisis Kualitas Pelayanan Konsumen Dengan Metode Six Sigma (Studi Kasus Di Ud Agronas Gizi Food Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keripik kentang merupakan makanan ringan (snack food) yang lebih mengutamakan kenampakan (appereance), kerenyahan (texture) dan warna dibandingkan kandungan gizinya, sehingga peningkatan kualitas keripik kentang sebaiknya diarahkan pada peningkatan kerenyahan dan perbaikan warna agar lebih menarik.UD Agronas Gizi Food Batu merupkan UKM yang sudah berdiri cukup lama dan perkembangan UKM Gizi Food ini berjalan cepat pada awal berdirinya namun pada saat sekarang ini Gizi Food mengalami perkembangan yang agak lambat. Hal ini dapat terjadi dikarenakan karena Gizi Food selama ini belum pernah melakukan pengukuran tentang bagaimana pelayanan dan kepuasaan kepada konsumen. Kinerja dan perkembangan UKM Gizi Food yang telah dilakukan selama ini dapat dilihat dari indikator yang berhubungan dengan faktor produksi dari UKM tersebut. Indikator tersebut dapat dilihat dari kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen yang telah diberikan dan diterima selama ini. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan atribut-atribut yang berpengaruh pada kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan menganalisis tingkat pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada UD Agronas Gizi Food Batu. Penelitian akan dilaksanakan pada bulan Januari 2012 sampai dengan selesai di perusahaan keripik kentang yang berlokasi di Kota Batu yaitu Gizi Food. Salah satu cara untuk menghitung tingkat kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT Gizi Food Batu yaitu dengan menggunakan metode Six sigma yang terdiri dari lima tahap yaitu define, measure, analyze, improve dan control. Pendefinisian terhadap atribut kebutuhan dan keinginan konsumen yang terlibat dalam proses pelayanan kebutuhan konsumen diturunkan dari elemen-elemen penilaian kualitas jasa yaitu lima dimensi kualitas yaitu tangibles, reliability, assurance, responsiveness, emphaty. Six sigma adalah metode untuk mengurangi variasi dan mengeliminasi defect (kesalahan) dalam sebuah proses dan berfokus untuk mengidentifikasi kebutuhan konsumen (critical to quality) Dari hasil perhitungan didapatkan nilai rata-rata DPO adalah sebesar 0,03469, nilai rata-rata DPMO sebesar 34688, dan nilai sigma sebesar 3,34. Nilai sigma sebesar 3,34 tersebut sudah memenuhi standar industri di Indonesia. Diketahui bahwa rata-rata industri di Indonesia masih berada pada tingkat sekitar 2-3 sigma. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelayanan pada UD. Agronas Gizi Food Kota Batu sudah berjalan dengan baik dan memenuhi keinginan konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2012/273/051203823
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Oct 2012 15:01
Last Modified: 21 Oct 2021 04:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149029
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item