Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Susu Pasteurisasi Nandhi Murni Dengan Metode Importance-Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index (Csi) Di Kud Batu Malang

WardaniAnneRatna (2012) Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Susu Pasteurisasi Nandhi Murni Dengan Metode Importance-Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index (Csi) Di Kud Batu Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasteurisasi merupakan salah satu cara pengawetan susu segar tanpa mengubah rasa dan kandungan gizi susu, tetapi hanya bertujuan menghilangkan mikroba pathogen yang membahayakan kesehatan manusia. Susu pasteurisasi “Nandhi Murni” merupakan salah satu produk KUD Batu yang memiliki prospek baik untuk dikembangkan pemasarannya diberbagai wilayah luar Batu dan Malang. Penelitian ini bertujuan mengetahui atribut-atribut apa saja yang dianggap penting oleh konsumen dari produk susu pasteurisasi “Nandhi Murni”, mengetahui kinerja produk susu pasteurisasi “Nandhi Murni” dalam memenuhi atribut-atribut yang dianggap penting oleh konsumen dan mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk susu pasteurisasi “Nandhi Murni” yang diukur dengan menggunakan Importance-Performance-Analysis dan Customer Satisfaction Index. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 orang. Sampel diambil dari pengunjung yang membeli dan mengkonsumsi susu pasteurisasi “Nandhi Murni” rasa coklat. Teknik sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode accidental sampling. Penelitian dilaksanakan dari bulan Maret sampai April 2012. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian kuesioner oleh 100 orang responden. Berdasarkan hasil Importance-Performance Analysis diketahui bahwa atribut-atribut dari delapan dimensi kualitas produk yang dianggap penting dan perlu dipertahankan adalah rasa, manfaat yang bisa diambil dari produk susu, kondisi kemasan pada saat produk dikonsumsi dan tanpa bahan pengawet pada produk, sedangkan atribut-atribut yang perlu diperbaiki antara lain kejelasan masa kadaluarsa produk, kejelasan kehalalan produk pada kemasan dan kejelasan izin BPOM pada kemasan. Dan hasil Customer satisfaction index diperoleh sebesar 71,25% (0,7125) yang berada pada kisaran 0,66-0,80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan konsumen merasa puas terhadap kinerja atribut-atribut dari susu pasteurisasi “Nandhi Murni” rasa coklat yang diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2012/260/051203810
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Oct 2012 09:17
Last Modified: 21 Oct 2021 03:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149015
[thumbnail of anne_ratna_wardani-0811030007.pdf]
Preview
Text
anne_ratna_wardani-0811030007.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item