Analisis Rantai Nilai Pada Aktivitas Primer Produksi Keripik Buah Sebagai Dasar Perumusan Strategi Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Keripik Buah “KressH” Malang).

Wijayanti, Desrimita (2011) Analisis Rantai Nilai Pada Aktivitas Primer Produksi Keripik Buah Sebagai Dasar Perumusan Strategi Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Keripik Buah “KressH” Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"KressH" adalah salah satu unit usaha yang memproduksi keripik buah di kota malang yang berdiri pada tahun 2001. Permintaan akan makanan keripik buah buah saat ini terus meningkat disebabkan masyarakat banyak menyukai makanan sehat. Keripik buah yang mengandung banyak serat makanan dalam buah-buahan dengan proses pembuatannya tanpa bahan pengawet. Meningkatnya permintaan tersebut menyebabkan adanya peningkatan jumlah unit usaha yang memproduksi kripik buah khususnya di kota Malang yang menyebabkan semakin ketatnya persaingan dalam industri keripik buah. Sehingga menuntut setiap unit usaha untuk bisa menggali dan mengembangkan sumber-sumber keunggulan bersaing serta strategi bisnisnya yang tepat agar mampu bertahan dalam menghadapi persaingan yang terjadi melalui analisis rantai nilai. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah menentukan keunggulan dan kelemahan pada aktivitas primer produksi keripik buah pada unit usaha “KressH” dan memperoleh rumusan strategi keunggulan bersaing produk dengan pendekatan analisis rantai nilai. Metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif yang meliputi identifikasi keberadaan kinerja aktivitas utama oleh responden terpilih, lalu dihitung bobotnya dengan metode Analytic Network Process (ANP) dan disusun strategi perbaikannya. Hasil analisis rantai nilai pada aktivitas primer produksi keripik buah di UKM “KressH” diketahui bahwa penilaian aktivitas tertinggi hingga terendah berturut-turut pada Operasi (0.4758), Pelayanan (0.1648), Logistik ke Dalam (0.1332), Pemasaran dan Penjualan (0.1393), dan pada Logistik ke Luar (0.0195). Strategi perbaikan untuk meningkatkan keunggulan bersaing disusun dari aktivitas yang menjadi kelemahan utama yaitu logistik ke luar. Sehingga diketahui faktor pada aktifitas yang perlu diperbaiki antara lain struktur organisasi, membentuk struktur organisasi dengan membuat disain organisasi. Kemudian pada faktor penggunaan teknologi informasi, dengan memberikan pelatihan khusus pada karyawan bagian logistik ke luar untuk dapat menggunakan teknologi informasi dan memberikan fasilitas yang dapat mendukung penggunaan teknologi informasi. Dan pada faktor pemeliharaan data, dengan mengevaluasi kembali manual data dan menambah jumlah fasilitas input data serta memeriksa data input harian dengan lebih ketat.

English Abstract

"KressH" is one business unit that produces chips of fruit in Malang was established in 2001. Nowadays the demand of fruit chips is increasing due the interest of healty food. Fruit chips contain dietary fiber, and using no preservatives in the manufacturing process. Increased demand led to an increased number of business units that produce fruit chips, especially in the Malang which causing increasing competition in the industry of fruit chips. So that every bisnis unit needs to survive, in order explore the sources of competitive advantage and choose the right business strategy to survive in the competition using value chain analysis. This research is aimed to determine the strengths and weakness in the primary activity of fruit chips production in “KressH” business unit and to gain the formulation of competitive advantage using value chain product analysis approach. The method used in this research descriptive analysis that includes identification of primary activity performance by selected respondents, and the weight in calculated with Analytic Network Process (ANP) method then arranged the strategy of correction. The highest activity assessment to the lowest sequeneneely in operation (0.4758), service (0.1648), inbound logistic (1,332), marketing and sales (0.1393), and outbound logistic (0.0195). Improvement strategies to enhance competitive advantage is composed of activities that become the main weaknesses that is outbound logistic. So factor on the activities that need improvement include organizational structure, organizational structure formed by the designing organization. Then in the factor use of information technology, by provide special training to outbound logistic employees, so that and provide facilities to support the use of information technology. And the factor data maintence, by reevaluating manual data, increasing input data facilities, and checking daily input data tightly.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2011/280/051104865
Uncontrolled Keywords: Keripik Buah, Analisis Rantai Nilai, Perumusan Strategi,Fruit Chips, Value Chain Analysis, Strategy Formulation
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 01 Mar 2012 10:47
Last Modified: 24 Nov 2021 02:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148736
[thumbnail of 051104865.pdf]
Preview
Text
051104865.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item