Analisis Keterkaitan Diferensiasi Produk Terhadap kepuasan Konsumen dengan Metode Structural Equation Modelling : Studi Kasus Keripik Kentang Gizi Food , Batu

Sampe, MeriJhoni (2011) Analisis Keterkaitan Diferensiasi Produk Terhadap kepuasan Konsumen dengan Metode Structural Equation Modelling : Studi Kasus Keripik Kentang Gizi Food , Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gizi Food merupakan salah satu UKM di kota Batu yang memproduksi keripik kentang. Salah satu tantangan Gizi Food dalam menjalankan usaha yaitu bertambahnya pesaing dalam bidang usaha yang sama di Kota Batu, sehingga dibutuhkan adanya keunikan dari produk yang ditawarkan dibandingkan pesaing. Salah satu alternatif dalam memenuhi kepuasan konsumen yaitu melakukan diferensiasi dengan membedakan produk yang dihasilkan. Pada penelitian ini dianalisis hubungan antara keistimewaan produk, kinerja produk, dan kesesuaian kualitas produk dengan tingkat kepuasan konsumen. Hubungan kausal dianalisa menggunakan teknik SEM (Structural Equation Modelling) yang memiliki fungsi mirip regresi berganda, namun lebih kuat karena menggabungkan analisis regresi, analisis jalur, dan analisis faktor. Penelitian bertujuan mengetahui dan menganalisis hubungan variabel keistimewaan, kinerja produk, dan kesesuaian kualitas produk terhadap kepuasan konsumen keripik kentang Gizi Food , serta mengidentifikasi variabel yang memiliki pengaruh erat terhadap kepuasan konsumen. Penelitian dilakukan di UKM Gizi Food Batu, pada bulan November-Desember 2010. Pengolahan data dilakukan di Laboratorium Komputasi dan Analisis Sistem, Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya Malang. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa ketiga variabel memiliki hubungan yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Keistimewaan produk memiliki nilai CR 1,987 dengan nilai signifikansi 0,047. Kinerja produk memiliki nilai CR 2,851 dengan signifikansi 0,004. Kesesuaian kualitas produk juga mempunyai hubungan yang nyata terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 dan CR 2,558. Hubungan yang terjadi adalah hubungan langsung (direct effect). Model persamaan strukturalnya yaitu Y= 0,373X1 + 0,302X2 + 0,278X3 +0,152, dengan model persamaan pengukuran untuk masingmasing variabel laten dengan indikatornya yaitu X1=0,628X11+0,759X12, X2=0,648X21+0,633X22+0,626X23+0,361X24, dan X3=0,545X31+0,869X32+ 0,758X33. Variabel kinerja produk memberikan pengaruh yang erat terhadap tingkat kepuasan konsumen, dengan nilai koefisien sebesar 0,373, sedangkan keistimewaan dan kesesuaian kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan kosumen dengan koefisien masing-masing 0,302 dan 0,278.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2011/273/051104747
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2012 10:16
Last Modified: 21 Oct 2021 15:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148728
[thumbnail of 051104747.pdf]
Preview
Text
051104747.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item