Penentuan Prioritas Strategi Pemasaran Menggunakan Fuzzy Multi Criteria Decision Making : Studi Kasus di Perusahaan Kripik Tempe ABADI Malang

Anugrah, PanduPratama (2011) Penentuan Prioritas Strategi Pemasaran Menggunakan Fuzzy Multi Criteria Decision Making : Studi Kasus di Perusahaan Kripik Tempe ABADI Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan keripik tempe Abadi merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan penjualan makanan kecil terutama keripik. Strategi pemasaran di Perusahaan Keripik Tempe Abadi Malang ternyata masih banyak yang harus diperbaiki berdasarkan penilaian dari para konsumennya. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu usaha untuk mengetahui penentuan prioritas strategi pemasaran dari perusahaan yang perlu dilakukan berdasarkan pada keinginan konsumen. Hal ini dilakukan untuk mengakomodasi keinginan konsumen terhadap produk keripik tempe Abadi dan membantu perusahaan agar penjualan dari tahun ke tahun tidak terus menerus mengalami penurunan. Tujuan Penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor internal yang meliputi kelemahan dan kekuatan Perusahaan Kripik Tempe Abadi serta faktor eksternal yang meliputi peluang dan ancaman dalam menentukan strategi pemasaran dan mengetahui prioritas strategi pemasaran Kripik Tempe Abadi menggunakan Metode Fuzzy Multi Criteria Decision Making. Penelitian dilaksanakan di Perusahaan keripik tempe Abadi Malang, Jl.Ciliwung 23D Malang. Pengolahan data dilakukan di Laboratorium Komputansi dan Analisis Sistem, Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya Malang. Waktu penelitian dilakukan mulai bulan April sampai Mei 2011. Instrumen yang digunakan dalam metode ini yaitu kuesioner yang disebarkan kepada 35 responden. Pada hasil penelitian didapatkan faktor-faktor internal yang menjadi kekuatan perusahaan antara lain : rasa produk yang enak, bentuk dan warna kemasan yang menarik dan lokasi penjualan yang strategis. Sedangkan faktor-faktor internal yang menjadi kelemahan perusahaan antara lain: harga produk yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk sejenis, dan kegiatan promosi yang dilakukan masih terbatas. Faktor-faktor eksternal yang menjadi peluang perusahaan antara lain: citra atau image perusahaan yang baik di mata konsumen dan produk mampu bersaing dengan produk lain di pasar. Sedangkan faktorfaktor eksternal yang menjadi ancaman perusahaan antara lain: ancaman produk substitusi dan ancaman produk sejenis. Dengan fuzzy multi criteria decision making dapat diketahui bahwa prioritas strategi pemasaran yang perlu diterapkan oleh perusahaan adalah berdasarkan perankingan crisp yaitu memperhatikan strategi harga produk (0,28719), memperlancar pendistribusian (0,27764), meningkatkan kegiatan promosi (0,27516), mempertahankan rasa produk yang disukai konsumen (0,25323), memperluas daerah pemasaran produk (0,24503), dan menetapkan kebijakan yang memberikan lebih banyak keuntungan bagi pengecer (0,14207).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2011/213/051103483
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2011 13:59
Last Modified: 21 Oct 2021 13:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148666
[thumbnail of 051103483.pdf]
Preview
Text
051103483.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item