Studi Pembuatan “Puree” Jambu Biji Merah (Psidium guajava L.) : Kajian Jenis dan Konsentrasi Penambahan Filler (Dekstrin dan Tepung Beras)

Nasikhudin, Mukhamad (2011) Studi Pembuatan “Puree” Jambu Biji Merah (Psidium guajava L.) : Kajian Jenis dan Konsentrasi Penambahan Filler (Dekstrin dan Tepung Beras). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jambu biji merah merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan beberapa jenis mineral yang mampu menangkis berbagai jenis penyakit. Kandungan jambu biji merah 4-6 kali lebih besar dibanding kandungan vitamin C pada jeruk. Jambu biji merah merupakan tanaman musiman dan jumlah produksinya yang cukup besar pada musimnya, maka salah satu cara untuk mempertahankan daya simpannya antara lain dengan mengolahnya menjadi beberapa macam hasil olahan seperti puree. Puree merupakan produk setengah jadi yang dapat dipergunakan lebih lanjut menjadi bahan campuran dalam pembuatan minuman ringan. Namun selama penyimpanan puree buah dapat mengalami penurunan kandungan vitamin C, flavor maupun perubahan warna. Salah satu upaya untuk mengurangi perubahan yang terjadi yaitu dengan penambahan filler. Filler ditambahkan dalam proses pengolahan pangan untuk melapisi komponen flavor, memberi warna, meningkatkan jumlah padatan, memperbesar volume, mempercepat proses pengeringan dan mencegah proses kerusakan bahan akibat panas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis dan konsentrasi filler (dekstrin dan tepung beras) terbaik sehingga dapat menghasilkan puree jambu biji merah yang berkualitas. Penelitian dilaksanakan pada bulan pada bulan Maret 2011 sampai April 2011 di Laboratorium Agrokimia, Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Malang. Metode penelitian ini menggunakan rancangan percobaan acak kelompok tersarang dengan dua faktor. Dua faktor tersebut adalah faktor pertama jenis bahan pengisi yang terdiri dari dua level yaitu dekstrin dan tepung beras, faktor kedua adalah konsentrasi bahan pengisi yang terdiri dari tiga level yaitu konsentrasi penambahan bahan pe ngisi 0,4 % b/b, 0,5 % b/b, 0,6% b/b. Pemilihan perlakuan terbaik menggunakan metode multiple atribut. Hasil terbaik ditunjukkan pada perlakuan puree jambu biji merah dengan filler dekstrin yang berkonsentrasi 0,6%. Pada perlakuan ini diperoleh nilai Vitamin C sebesar 39,49 mg/100gr, viskositas sebesar 65,93 dp dan total padatan sebesar 11,87 %. Dari hasil terbaik ini kemudian didapat rendemen sebesar 80,02%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2011/210/051103480
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2012 10:22
Last Modified: 21 Oct 2021 13:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148663
[thumbnail of 051103480.pdf]
Preview
Text
051103480.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item