Analisis Segmentasi dan Target Pasar Konsumen Kerupuk Kentang Dengan Pendekatan Fuzzy C-Means Clustering : Studi Kasus pada Fajar Mulya, Gizi food dan Rimbaku di Kota Batu

RaissaAnggraeniP (2011) Analisis Segmentasi dan Target Pasar Konsumen Kerupuk Kentang Dengan Pendekatan Fuzzy C-Means Clustering : Studi Kasus pada Fajar Mulya, Gizi food dan Rimbaku di Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kerupuk kentang sebagai produk khas kota batu yang sedang mengalami perkembangan usaha diperlukan segmentasi dan target pasar untuk mencapai strategi pemasaran yang ideal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui segmentasi konsumen kerupuk kentang berdasarkan aspek demografi, psikografi, geografi dan perilaku konsumen produk dari UKM Fajar Mulya, Rimbaku dan Gizi Food dengan metode fuzzy c-means clustering. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung dan membeli kerupuk kentang di outlet-oulet didaerah Kota Batu. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan accidental sampling. Penetapan jumlah responden dihitung dengan linier time function. Analisis data menggunakan fuzzy c-means clustering dengan 3 cluster. Karakter konsumen kerupuk kentang ketiga UKM relatif homogen. Mayoritas konsumen kerupuk kentang adalah perempuan dengan frekeunsi pembelian satu kali dalam sebulan terakhir dan tujuan pembelian sebagai oleh-oleh. Pada UKM Fajar Mulya cluster 1 adalah pendidikan terakhir S2, mayoritas konsumen cluster 2 adalah pendidikan terakhir S1 dan mayoritas konsumen cluster 3 adalah pendidikan terakhir SMP-SMA. Mayoritas konsumen pada cluster 1 dan 2 bekerja sebagai pegawai swasta dan berdomisili di luar jawa timur dan konsumen pada cluster 3 bekerja sebagai wirausaha dan berdomisili di Batu dan Jawa Timur. Pada UKM Gizi Food, cluster 1 adalah usia 24-30 tahun dengan domisili di Malang, Surabaya dan sekitarnya. Cluster 2 adalah usia 31-40 tahun, dengan domisili surabya dan sekitarnya. Cluster 3 adalah usia 41-50 tahun dengan domisili di luar Jawa Timur. Pada UKM Rimbaku, cluster 1 adalah domisili di Surabya dan sekitarnya. Cluster 2 adalah domisili luar Jawa Timur. Cluster 3 adalah domisili di Batu. Target pasar untuk UKM Fajar Mulya adalah cluster 1, UKM Gizi Food pada cluster 3 dan UKM Rimbaku pada cluster 1 Dtrategi pemasaran yang perlu dilakukan oleh ketiga UKM tersebut adalah perbaikan kemasan dan display produk. Strategi pemasaran khusus untuk Ukm fajar Mulya adalah perbaikan kemasan dan kualitas gizi produk. Sedangakan untuk UKM Gizi Food adalah penetapan harga produk dan tampilan label. UntukUKM Rimbaku strategi pemasaran yang diperlukan adalah perbaikan ukuran produk dan ukuran kemasan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2011/20/051100379
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 07 Mar 2011 09:50
Last Modified: 21 Oct 2021 13:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148654
[thumbnail of 051100379.pdf]
Preview
Text
051100379.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item