Erviana, Charisma (2011) Analisis Penilaian Konsumen Terhadap Kualitas Kerupuk Waluh “Rasa Prima” Dengan Metode Quality Function Deployment. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Rasa Prima merupakan salah satu usaha mikro yang memproduksi kerupuk waluh. Kualitas kerupuk waluh Rasa Prima ternyata masih banyak yang harus diperbaiki berdasarkan penilaian pelanggannya. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu usaha untuk mengetahui penilaian kualitas kerupuk waluh dari persepsi pelanggan dengan cara mengidentifikasi kebutuhan dan harapan pelanggan, serta melakukan penilaian kualitas kerupuk waluh yang diberikan oleh Rasa Prima untuk memperoleh tingkat kepercayaan dan penilaian kualitas yang baik dari para pelanggan jika dibandingkan dengan pesaingnya yaitu Hanna’s dan Aurel Snack. Kedua brand tersebut adalah pesaing terkuat Rasa Prima, karena di Malang hanya ada 3 brand kerupuk waluh. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan atribut harapan pelanggan berdasarkan urutan prioritas dalam penilaian kualitas kerupuk waluh di Rasa Prima dan mengetahui penilaian pelanggan terhadap kualitas kerupuk waluh Rasa Prima jika dibandingkan dengan kerupuk waluh Hanna’s dan kerupuk waluh Aurel Snack dengan menggunakan metode QFD. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 1-7 Maret 2011 di UKM Rasa Prima bertempat di Sentra Industri Kerupuk Jl. Masjid Desa Mojorejo, Kec. Junrejo, Batu. Instrumen yang digunakan dalam metode ini yaitu kuesioner yang disebarkan kepada 98 responden. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan penilaian kualitas produk ini adalah metode QFD karena dapat menyatukan antara kepentingan produsen dan kebutuhan pelanggan agar produk yang dihasilkan dapat memuaskan kedua belah pihak. Pada hasil penelitian didapatkan atribut harapan pelanggan (whats) sebanyak delapan (8) atribut. Urutan prioritasnya sebagai berikut : kerenyahan kerupuk (4,62), rasa kerupuk (4,6), hygiene (4,58), keamanan dikonsumsi (4,55), aroma kerupuk (3,80), warna kerupuk (3,74), ukuran kerupuk (3,61), dan bentuk kerupuk (3,56). Berdasarkan tingkat kepuasan pelanggan seluruh nilai atribut mutu kerupuk waluh Rasa Prima lebih tinggi dari Hanna’s, nilai atribut bentuk, ukuran, keamanan dikonsumsi dan hygiene lebih tinggi dari Aurel Snack serta atribut yang lain sama dan lebih rendah dari Aurel Snack. Penilaian kualitas produk kerupuk waluh Rasa Prima antara lain : warna kerupuk (3,68), rasa kerupuk (4,05), aroma kerupuk (3,73), bentuk kerupuk (3,67), ukuran kerupuk (3,86), kerenyahan kerupuk (3,62), keamanan dikonsumsi (4,03) dan hygiene (4,00).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2011/152/051103068 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id |
Date Deposited: | 29 Nov 2011 10:49 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 08:13 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148603 |
![]() |
Text
051103068.pdf Download (5MB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (32kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (13kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (3kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (1kB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |