Penerapan Pendekatan SMART System denganPengukuran Objective Matrix dalam Penilaian KinerjaProduksi Teh Botol Kotak Sosro : Studi Kasus di PT.Sinar Sosro Gresik

Fitrohtin, Dian (2011) Penerapan Pendekatan SMART System denganPengukuran Objective Matrix dalam Penilaian KinerjaProduksi Teh Botol Kotak Sosro : Studi Kasus di PT.Sinar Sosro Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT.Sinar Sosro merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang mengekspor teh dalam kemasan. Produk yang dihasilkan cabang Gresik adalah teh botol Sosro kemasan kotak, fruit tea genggam dan fruit tea kemasan botol. Kapasitas produksi teh botol kotak pada cabang Gresik mencapai ± 7500 karton/hari sedangkan permintaan produk teh botol kotak pada tahun 2009 berkisar 3418 karton tiap hari. Penilaian kinerja produksi PT.Sinar Sosro mengarah pada kualitas produk dan performansi mesin. Penilaian tersebut tidak dapat menggambarkan detail keseluruhan bagian produksi, sehingga perlu dilakukan penilaian lebih lanjut. SMART system (Strategic Management Analysis and Reporting Technique) merupakan metode penilaian kinerja perusahaan dengan 9 perspektif yang lebih mendetail. Perspektif tersebut akan menghasilkan KPI ( Key Performance Indicator ) yang akan dianalisa dengan Objective matrix dan Analytical Hierarchy Process . Dari hasil penelitian diperoleh 16 KPI, KPI tersebut antara lain persentase kerugian, permintaan order management , keluhan pelanggan, lama start-up mesin, jumlah SDM, pemakaian teh, pemakaian gula, jam produksi, jumlah produk realesed , jumlah produk reject , kecepatan pengiriman bahan baku, idle time, biaya listrik, biaya pembelian teh, biaya pembelian gula dan upah tenaga kerja. Key Performance terendah adalah jam produksi. Bila ditinjau dari kondisi lapang, besarnya produktivitas jam produksi berkaitan dengan jumlah breakdown mesin selama proses produksi. Usulan perbaikan yang dilakukan untuk jam produksi yang tinggi adalah dengan Autonomous Maintenance yaitu perawatan dengan melibatkan operator dengan sasaran utama untuk mengembangkan pola hubungan antara mesin, manusia dan tempat kerja yang bermutu. Total penilaian keseluruhan untuk bagian produksi PT. Sinar Sosro adalah 3,32. Kinerja perusahaan pada batas rata-rata. Perusahaan telah mencapai kinerja standar yang ada dan hendaknya tidak berhenti melakukan peningkatan kinerja.

English Abstract

PT.Sinar Sosro merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang mengekspor teh dalam kemasan. Produk yang dihasilkan cabang Gresik adalah teh botol Sosro kemasan kotak, fruit tea genggam dan fruit tea kemasan botol.Kapasitas produksi teh botol kotak pada cabang Gresik mencapai ± 7500 karton/hari sedangkan permintaan produk teh botol kotak pada tahun 2009 berkisar 3418 karton tiap hari. Penilaian kinerja produksi PT.Sinar Sosro mengarah pada kualitas produk dan performansi mesin. Penilaian tersebut tidak dapat menggambarkan detail keseluruhan bagian produksi, sehingga perlu dilakukan penilaian lebih lanjut. SMART system (Strategic Management Analysis and Reporting Technique) merupakan metode penilaian kinerja perusahaan dengan 9 perspektif yang lebih mendetail. Perspektif tersebut akan menghasilkan KPI (Key Performance Indicator) yang akan dianalisa dengan Objective matrix dan Analytical Hierarchy Process. Dari hasil penelitian diperoleh 16 KPI, KPI tersebut antara lain persentase kerugian, permintaan order management, keluhan pelanggan, lama start-up mesin, jumlah SDM, pemakaian teh, pemakaian gula, jam produksi, jumlah produk realesed, jumlah produk reject, kecepatan pengiriman bahan baku, idle time, biaya listrik, biaya pembelian teh, biaya pembelian gula dan upah tenaga kerja. Key Performance terendah adalah jam produksi. Bila ditinjau dari kondisi lapang, besarnya produktivitas jam produksi berkaitan dengan jumlah breakdown mesin selama proses produksi. Usulan perbaikan yang dilakukan untuk jam produksi yang tinggi adalah dengan Autonomous Maintenance yaitu perawatan dengan melibatkan operator dengan sasaran utama untuk mengembangkan pola hubungan antara mesin, manusia dan tempat kerja yang bermutu. Total penilaian keseluruhan untuk bagian produksi PT. Sinar Sosro adalah 3,32. Kinerja perusahaan pada batas rata-rata. Perusahaan telah mencapai kinerja standar yang ada dan hendaknya tidak berhenti melakukan peningkatan kinerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2011/118/051102858
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 19 Aug 2011 09:23
Last Modified: 21 Oct 2021 07:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148565
[thumbnail of 051102858.pdf]
Preview
Text
051102858.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item