Evaluasi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Berdasar Aspek Perilaku Pekerja Pada Proses Produksi Di Pabrik Gondorukem dan Terpentin Rejowinangun-Trenggalek

Prasetyo, AryDrajat (2011) Evaluasi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Berdasar Aspek Perilaku Pekerja Pada Proses Produksi Di Pabrik Gondorukem dan Terpentin Rejowinangun-Trenggalek. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pabrik Gondorukem dan Terpentin (PGT) Rejowinangun merupakan pabrik yang mengolah getah pinus menjadi produk berupa gondorukem dan terpentin yang memiliki nilai tambah lebih tinggi yang merupakan bahan baku produk-produk seperti cat, pernis, pelitur dan sejenisnya. PGT Rejowinangun dibangun berdasarkan Project Statement Nomor 0955/KPTS/DIR/1993 tanggal 11 September 1993 dengan kapasitas pabrik terpasang 10.000 ton getah/tahun. Keselamatan dan Kesehatan Kerja sangat diperlukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan dalam suatu proses produksi. Kecelakaan kerja merupakan suatu kejadian yang tak terduga dan tidak dapat dihindari, namun dapat dicegah melalui usaha-usaha tertentu. Salah satu penyebab kecelakaan kerja adalah faktor manusia. Aspek ergonomi pekerja juga perlu diperhatikan untuk menciptakan keselamatan dan kesehatan kerja. Hal-hal tidak ergonomis yang dilakukan pekerja saat menjalankan pekerjaan dapat menimbulkan kecelakaan kerja yang ringan maupun berat. Pada penelitian ini, evaluasi keselamatan dan kesehatan kerja dilakukan berdasakan keergonmisan fasilitas, ruang kerja, kondisi kerja dan penerapan manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K-3) yang berpengaruh terhadap pekerja. Evaluasi ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner, melakukan wawancara dan pengamatan secara langsung di bagian proses produksi. Setelah melakukan evaluasi dapat diketahui kekurangan yang ada di bagian proses produksi ini sehingga dapat dilakukan perbaikan secara tepat. Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa perlu diadakan perbaikan pada area kerja di Pabrik Gondorukem dan Terpentin Rejowinangun ini untuk meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja terutama mengenai perilaku pekerja yang membahayakan seperti kesadaran memakai alat pelindung diri yang kurang, kebersihan ruangan yang kurang diperhatikan sehingga dapat menggagu kenyamanan pekerja, serta manajemen keselamatan dan kesehatan kerja perusahaan.

English Abstract

Pabrik Gondorukem dan Terpentin (PGT) Rejowinangun is a factory that process pine latex becoming products of gondorukem and terpentin that have higher value, that are base source of some products such as paint, varnish, polish furniture, etc. Pabrik Gondorukem dan Terpentin (PGT) Rejowinangun built base on project statement of number 0955/KPTS/DIR/1993 date of September 11st 1993 with factory capacity of 10.000 tons latex/ year. Safety and healthy working is important to minimalist accident in product process. Work accident is suddenly unexpected and unspared, but it can be prevented by some efforts. One of factors of work accident is human factor. Employee ergonomic aspect need to be noticed to make safety and healthy working. Unergonomic things done by employee in order to work can effect minor and mayor work accident. In this experiment, evaluate of safety and healthy working done based on facility ergonomic, working room, working condition, and management applying of safety and healthy working that make effect to employee. Evaluating is done by quiz, interview, and direct observation in product process so that can improve exactly. Based on the interview result, conclusion for safety and healthy working is needed to improve area in Pabrik Gondorukem dan Terpentin (PGT) Rejowinangun especially employee habit that danger for them such as used of self protect equipment, condition of room (clean) that can disturb employee comfortable, and management of safety and healthy working in factory.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2011/104/051102680
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 24 Aug 2011 09:53
Last Modified: 24 Aug 2011 09:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148550
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item