Analisis Segmentasi Pasar Keripik Buah Berdasarkan Perilaku Konsumen Dengan Analisis Cluster

PungkasRetnoUtami (2010) Analisis Segmentasi Pasar Keripik Buah Berdasarkan Perilaku Konsumen Dengan Analisis Cluster. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peningkatan jumlah unit usaha yang mengakibatkan tingginya tingkat persaingan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi persaingan adalah dengan segmentasi pasar agar pasar dapat terlayani secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui segmentasi pasar keripik buah berdasarkan perilaku konsumen di kota malang. Sampel yang digunakan berjumlah 75 konsumen keripik buah di kota Malang. Variabel penelitian ini adalah demografi dan perilaku konsumen. Analisis data menggunakan metode analisis cluster. Hasil penelitian menghasilkan 3 cluster, perbedaan masing-masing cluster pada variabel demografi terlihat perbedaan pada usia, pekerjaan, dan pendapatan. Pada aspek perilaku konsumen, perbedaan yang paling mononjol dari ketiga cluster adalah pada variabel loyalitas konsumen dan variabel kepekaan reaksi pemasaran, sedangkan untuk variabel motivasi pembelian perilaku konsumen untuk masing-masing cluster adalah sama. Konsumen cluster 1 mempertimbangkan merek sebelum membeli suatu produk, lebih menyukai membeli keripik buah dengan merek terkenal dan mempunyai tingkat loyalitas yang tinggi. Konsumen cluster 2 tidak mempertimbangkan merek, mempunyai tingkat kesetiaan yang rendah. Konsumen cluster 3 tidak mementingkan merek terkenal, mempunyai tingkat kesetiaan yang terbagi.

English Abstract

Increasing demand of fruitchips caused increasing amount of company who produce fruitchips that created high level of competition. One of work that can be done to solve competition is segmentation. segmentation was done to serve market optimally. The aim of this research was to know about segmentation of fruit chips consumer based on consumer behavior with approach with cluster analysis Sample that used in this research was 75 customer of fruit chips.Variable that used in this research were demographic and costumer behavior. Analytical result was did by cluster analysi . The result of research created 3 cluster, the different of each clusters considered by demographic are age, job and salary. The different of each clusters considered by costumer behavior are costumer loyality,and costumer’s marketing reaction. Majority costumer in first cluster were considere branded before buy fruit chip and they have high loyality. Costumer in second cluster were not branded minded, they have low loyality, Same as Costumer in second cluster, costumer in third cluster were not branded minded.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2010/6/051000156
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2010 11:07
Last Modified: 21 Oct 2021 06:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148529
[thumbnail of 051000156.pdf]
Preview
Text
051000156.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item