Pendugaan Indeks Erosi Potensial Pada Sub Daerah Aliran Sungai (DAS) Sayang, Kabupaten Malang, Jawa Timur Mengunakan Metode Analisis Data Spasial Persamaan Moore And Burch Dalam Sistem Informasi Geogr

AkhmadSubanunNazib (2010) Pendugaan Indeks Erosi Potensial Pada Sub Daerah Aliran Sungai (DAS) Sayang, Kabupaten Malang, Jawa Timur Mengunakan Metode Analisis Data Spasial Persamaan Moore And Burch Dalam Sistem Informasi Geogr. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan suatu sistem berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan, memanipulasi dan menganalisa data secara geografis dengan menggunakan alat ini dapat membantu dalam melakukan penentuan Indeks Erosi Potensial. Dengan menggunakan model permukaan digital atau biasa disebut Digital Terrain Model (DTM) atau Digital Elevation Model (DEM) untuk merepresentasikan relief permukaan bumi dalam bentuk tiga dimensi akan meningkatkan ketelitian dalam mengidentifikasikan kemiringan lereng, catchment area, arah aliran, akumulasi aliran, panjang lintasan aliran dan penentuan daerah pengaliran yang kemudian mengintegrasikan hasil pemodelan tersebut ke dalam persamaan Moore and Burch (1986). Tujuan penelitian ini adalah (1) Pembuatan sistem informasi spasial berkaitan dengan aspek penentuan indeks erosi potensial di wilayah Sub DAS Sayang (2) Dapat mempelajari, menguji, dan mengevaluasi besarnya tingkat erosi di wilayah Sub DAS Sayang Kabupaten Malang dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis. Penelitian dilaksanakan mulai bulan Oktober 2009 sampai dengan November 2009 di wilayah Sub DAS Sayang. Data-data yang digunakan adalah peta Topografi skala 1 : 25.000, peta batas DAS, peta jaringan sungai Sub DAS Sayang, dan peta tataguna lahan Sub DAS Sayang. Analisa yang dilakukan berupa pengolahan DEM dari peta kontur, dari hasil pengolahan DEM kemudian dintegrasikan ke dalam persamaan Moore and Burch (1986). Pemodelan relief permukaan bumi dilakukan menggunakan peta kontur yang di ambil dari peta rupa bumi skala 1 : 25000 dan batas Sub DAS Sayang. Proses ini dilakukan dengan ukuran grid 25 x 25 meter yang menghasilkan 122 baris dan 239 kolom sel grid. Hasil dari pemodelan yang berupa peta kemiringan, arah dan akumulasi aliran, serta catchment area yang diintegrasikan dalam persamaan Moore and Burch (1986) menunjukkan nilai Indeks Erosi Potensial mulai dari 0 (nol) sampai 88.202.919.936, nilai 0 (nol) menunjukkan bahwa pada daerah tersebut tidak berpotensi terjadi erosi. Indeks Erosi Potensial yang besar terjadi pada sel-sel cekungan sungai di hilir dengan daerah tangkapan air (catchment area) relative besar (> ½ luas wilayah Sub DAS) dimana daerah tersebut kemungkinan besar terjadi penumpukan/pengendapan sedimen hasil erosi, daerah-daerah ini adalah di sepanjang alur sungai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2010/54/051000963
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 30 Mar 2010 11:34
Last Modified: 21 Oct 2021 06:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148523
[thumbnail of 051000963.pdf]
Preview
Text
051000963.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item