Penentuan Umur Simpan Minuman Fungsional Sari Akar Alang- Alang dengan Metode Accelerated Shelf Life Testing (ASLT) : Studi Kasus di UKM R. Rovit Batu - Malang

HestiAnagari (2010) Penentuan Umur Simpan Minuman Fungsional Sari Akar Alang- Alang dengan Metode Accelerated Shelf Life Testing (ASLT) : Studi Kasus di UKM R. Rovit Batu - Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemajuan IPTEK pangan dan farmasi telah memberikan bukti ilmiah bahwa sebagian jenis-jenis pangan memberikan manfaat bagi kesehatan dan pengobatan. Masyarakat lebih memilih bahan pangan yang memberikan manfaat bagi kesehatan mereka, yang disebut dengan pangan fungsional. Alang-alang (Imperata cylindrical L) adalah sejenis rumput berdaun tajam, yang sering menjadi gulma pada lahan pertanian. Lahan alang alang di Indonesia sangatlah luas. Di wilayah Jawa Timur saja terdapat 1.323,53 km2 yang tersebar di beberapa kabupaten yaitu Malang, Probolinggo, Situbondo, Ngawi dan Jember (Anonymous,2009a). UKM R.ROVIT adalah salah satu UKM yang berhasil mengolah akar alang alang menjadi sebuah minuman fungsional. Minuman sari akar alang alang yang dikemas dalam kemasan gelas plastik ukuran 200 ml dan 120 ml. Produk ini telah dipasarkan ke berbagai daerah di Jawa Timur dan ke luar pulau Jawa. Selama ini penentuan umur simpan produk tidak melalui tes pada laboratorium, tetapi hanya melalui pengalaman produsen saja. Karena itu perlu dilakukan penelitian di laboratorium untuk mengkaji lama umur simpan produk sari akar alang alang tersebut. Tujuan dari penelitian adalah menentukan umur simpan sari akar alang alang dengan menggunakan metode Accelerated Shelf Life Testing (ASLT). Penelitian diharapkan bermanfaat untuk memberikan masukan kepada industri sari akar alang alang dan minuman sejenis untuk menentukan umur simpan produknya sebelum dipasarkan. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Bioindustri jurusan Teknologi Industri Pertanian Universitas Brawijaya Malang, Laboratorium Pengujian Mutu dan Keamanan Pangan jurusan Teknologi Hasil Pertanian serta UKM R.ROVIT Batu Malang pada bulan April Juni 2010. Penelitian ini dilakukan dengan menyimpan sampel pada 3 kondisi suhu yang dipercepat, yaitu 20oC, 30oC dan 40oC. Parameter pengujian yang digunakan adalah ph dan warna. Hasil perhitungan umur simpan minuman fungsional sari akar alang-alang dengan metode Accelerated Shelf Life Testing (ASLT) ini menghasilkan umur simpan sebesar 44 hari jika disimpan pada suhu 27oC dan 41 hari jika disimpan pada suhu 30oC.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2010/244/051003874
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 23 Dec 2010 13:58
Last Modified: 21 Oct 2021 04:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148468
[thumbnail of 051003874.pdf]
Preview
Text
051003874.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item