Analisis Pengaruh Inovasi Produk Pangan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Metode Structural Equation Modeling : Studi Kasus Produk Bakpao Telo SPAT

Pramesti, Atika Aprilia (2010) Analisis Pengaruh Inovasi Produk Pangan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Metode Structural Equation Modeling : Studi Kasus Produk Bakpao Telo SPAT. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sentra Pengembangan Agrobisnis Terpadu (SPAT) merupakan salah satu industri pangan yang mengolah bahan baku yang berasal dari sektor pertanian yaitu ubi jalar. Bakpao telo merupakan salah satu dari sekian banyak produk inovasi yang diproduksi oleh SPAT dan memiliki prospek yang baik. Produk telo cukup diminati oleh konsumen, hal ini terlihat dari angka penjualan yang semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir, yaitu mencapai 676.234 biji pada tahun 2008 dan 688.588 biji pada tahun 2009. Permasalahan yang terjadi adalah pihak SPAT belum pernah melakukan analisis mengenai pengaruh inovasi produk yang telah dilakukan dan kepuasan pelanggan yang tercipta dari inovasi tersebut terhadap lahirnya sifat loyal dari pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh inovasi produk dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan bakpao telo di Terminal Agrobisnis SPAT dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 27-30 Mei 2010 di Terminal Agrobisnis SPAT Malang. Pengolahan data dilakukan di Laboratorium Komputasi dan Analisis Sistem, Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya Malang. Hasil penelitian SEM inovasi produk terhadap kepuasan pelanggan bakpao telo diperoleh nilai CR 2,358 dengan nilai signifikansi 0,036. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga ada pengaruh variabel inovasi produk terhadap kepuasan pelanggan. Inovasi produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan bakpao telo di Terminal Agrobisnis SPAT karena memiliki nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,046 dan CR 1,972.. Kepuasan pelanggan juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan bakpao telo di Terminal Agrobisnis SPAT dengan nilai signifikansi sebesar 0,027 dan CR 1,968. Hal tersebut berarti variabel inovasi produk mempengaruhi terbentuknya kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Variabel kepuasan pelanggan dapat menjadi mediasi pengaruh inovasi produk terhadap loyalitas pelanggan. Hubungan yang terjadi antara inovasi produk dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan adalah hubungan kausal tidak langsung (indirect effect). Melalui kepuasan pelanggan, inovasi produk memberikan pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,836. Makin baik inovasi produk yang dilakukan oleh pihak SPAT, maka makin besar terciptanya loyalitas pelanggan bakpao telo di Terminal agrobisnis SPAT.

English Abstract

Integrated Agribusiness Development Centers (SPAT) is one of the food industry that processes raw materials originating from the agricultural sector that is sweet potato. Sweet potato dumpling is one of the many products and innovations produced by SPAT, and has good prospects. Product sweet potato quite enthused by the consumer, it can be seen from the increasing sales figures in recent years, reaching 676.234 seeds in 2008 and 688.588 seeds in the year 2009. The problem that happens is the SPAT never done an analysis of the effect of product innovation and customer satisfaction has been created and the nature of innvation is on the birth of loyal customers. The purpose of this study was to analyze the effect of product innovation and customer satisfaction to customer loyalty of bakpao telo at Terminal Agrobusiness SPAT using Structural Equation Modeling (SEM). This research was conducted on 27 to 30 May 2010 in Terminal Agrobusiness SPAT Malang. Data processing was performed at the Laboratory of Computational and System Analysis, Departement of Agroindustrial Technology, Faculty of Agricultural Technology, Brawijaya University. The result of SEM product innovation to customer satisfaction of bakpao telo dumplings obtained CR values 2,358, with significant value 0,036. The significance value is less than 0,05 so there is the effect of variable product innovation to customer satisfaction. Product innovations have a significant impact in customer loyalty of bakpao telo in Terminal Agrobusiness SPAT because it has a smaller significance value and 0,05 is equal to 0,046 and CR 1,972. Customer satisfaction also had significant impact on customer loyalty of bakpao telo in Terminal Agrobusiness SPAT with significance values of 0,027 and CR 1,968. This means that the variable of product innovation affect the formation of customer satisfaction and customer loyalty. Customer satisfaction can be a mediating effect of product innovation to customer loyalty. This relationship between product innovation and customer satisfaction to customer loyalty ia an indirect causal relationship (indirect effect). Through customer satisfaction, product innovation provides an indirect influence on customer loyalty by 0,836. The better the innovation of products made by SPAT, the greater the creation of bakpao telo customer loyalty in Terminal Agrobusiness SPAT.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2010/218/051003025
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2010 09:10
Last Modified: 21 Feb 2022 03:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148443
[thumbnail of 051003025.pdf]
Preview
Text
051003025.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item