Pendugaan Umur Simpan Keripik Cakar Ayam (Ceker) Menggunakan Metode Accelerated Shelf Life Testing Pada Berbagai Bahan Pengemas Dengan Memperhitungkan Biaya

RahmaDewiAnggreini (2010) Pendugaan Umur Simpan Keripik Cakar Ayam (Ceker) Menggunakan Metode Accelerated Shelf Life Testing Pada Berbagai Bahan Pengemas Dengan Memperhitungkan Biaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keripik cakar ayam (ceker) mudah mengalami kerusakan selama penyimpanan. Suhu penyimpanan diketahui dapat berpengaruh pada bahan makanan terutama terhadap reaksi-reaksi yang terjadi didalamnya. Permasalahan yang dihadapi yaitu umur simpan keripik cakar ayam (ceker) hanya dapat bertahan selama 14 hari. Diharapkan keripik cakar ayam (ceker) yang dihasilkan memiliki umur simpan 1 bulan. Pada penelitian pada keripik cakar ayam ini digunakan metode Accelerated Shelf Life Testing (ASLT). Data umur simpan keripik cakar ayam yang telah diperoleh, diketahui jenis bahan pengemas yang tepat yang dapat memperpanjang umur simpan, hal ini dapat ditentukan biaya yang harus dikeluarkan untuk bahan pengemas. Tujuan penelitian ini adalah menentukan umur simpan terbaik dengan menggunakan metode Accelerated Shelf Life Testing (ASLT) pada Keripik Cakar Ayam (Ceker) yang dikemas dengan plastik PP, LDPE, Alumunium Foil dan Semi Alumunium Foil. Menentukan jenis kemasan Keripik Cakar Ayam (Ceker) untuk menghasilkan kualitas hasil kemasan paling bagus dengan biaya yang paling murah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan masukan kepada industri keripik cakar ayam (ceker) untuk menentukan umur simpan produk menggunakan metode Accelerated Shelf Life Testing (ASLT) dan menentukan jenis kemasan serta aspek finansialnya. Metode penelitian menggunakan model Arrhenius yang akan diketahui persamaan linier dari bahan pengemas yaitu y= a+bx. Dapat disimpulkan dengan suhu ruang 270C kemasan plastik jenis bahan pengemas yang paling murah dan tahan akan umur simpan 51 hari yaitu jenis pengemas dengan bahan plastik PP. Harga plastik PP harga per satuan yaitu Rp 140 lebih murah dibanding menggunakan pengemas plastik LDPE, Alumunium Foil dan Semi Alumunium Foil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2010/213/051003020
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2010 10:19
Last Modified: 21 Oct 2021 03:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148439
[thumbnail of 051003020.pdf]
Preview
Text
051003020.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item