Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Produk Agroindustri : studi kasus di Perusahaan Keripik Tempe Abadi Malang

Sibarani, Immanuel (2010) Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Produk Agroindustri : studi kasus di Perusahaan Keripik Tempe Abadi Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan Keripik Tempe (PKT) Abadi merupakan salah satu perintis industri keripik tempe di Malang yang menghasilkan produk keripik tempe dari bahan baku kacang kedelai. Saat ini banyak industri baru sejenis di Malang menyebabkan tingkat persaingan semakin ketat. Tingkat persaingan yang semakin ketat tersebut berdampak terhadap penurunan volume (omzet) penjualan PKT Abadi beberapa tahun belakangan ini. Dalam situasi yang demikian, perlu dicari strategi bisnis agar perusahaan bisa bertahan (exist) dan bersaing dengan perusahaan sejenis lainnya. Strategi bisnis yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah implementasi pemasaran elektronik (e-commerce) berbasis web. Pemasaran elektronik (e-commerce) memiliki keunggulan dibandingkan pemasaran konvensional di antaranya dapat memperpendek saluran distribusi dan meminimasi biaya promosi (iklan), meningkatkan pendapatan dengan online channel yang biayanya lebih murah, mengurangi biaya operasional dan administrasi pemasaran, pembayaran lebih cepat dan tepat dengan transfer elektronik serta mempercepat pelayanan pelanggan. Pemasaran elektronik semakin unggul dengan adanya teknologi internet. Keberadaan internet yang aksesnya tidak terbatas ruang dan waktu memungkinkan untuk menjangkau konsumen lintas wilayah. Tujuan penelitian adalah merancang sitem informasi pemasaran berbasis web sebagai media pemasaran produk PKT Abadi. Penelitian dilakukan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2010 di PKT Abadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode prototyping untuk mengeksplorasi setiap proses perancangan sitem. Dari penelitian yang telah dilakukan dihasilkan prototype aplikasi sistem informasi pemasaran produk berbasis web yang diberi nama ―Ikromabadi‖. Aplikasi tersebut dapat digunakan sebagai media pemasaran untuk kegiatan promosi dan penjualan produk dengan sistem order-mail secara online. Selain itu, dengan adanya sistem ini, manajemen perusahaan dapat mengelola persediaan dan mengetahui laporan penjualan produk secara real-time dan up-to-date. Berdasarkan proses pengujian terhadap sistem yang dirancang dapat dinyatakan bahwa sistem telah berjalan dan berfungsi dengan baik. Dan dari penilaian desain user interface sistem yang dilakukan oleh panelis diperoleh nilai rata-rata 4,2 dari skala penilaian 5. Ini menunjukkan bahwa desain user interface sistem secara keseluruhan sudah memadai baik dari segi fitur-fitur yang tersedia, kesesuaian dengan kebutuhan pengguna, kemudahan penggunaan (user friendly), kejelasan informasi yang ditampilakan dan interaktivitas (interactivity) sistem.

English Abstract

Perusahaan Keripik Tempe (PKT) Abadi is one of the pioneers of tempeh chip industry in Malang, which produces chips of tempeh from soybean materials. Nowdays, there are many new similar industries in Malang causing levels of competition becomes more intense. This impact sales volume of company decreased in the few years. In such a situation, a business strategy need to be determined in order that company can survive, and compete with other similar companies. Business strategies that offered in this research is the implementation of electronic marketing (e-commerce) based on web. Electronic marketing (e-commerce) have advantages over conventional marketing them can shorten the distribution channel and minimize cost of promotion (advertising), to increase revenue with an online channel that they cost less, reduce operating and marketing administration costs, faster and more accurate payments to electronic transfers and expediting customer service. Electronic marketing increasingly superior with internet technology. The existence of internet access is unlimited to space and time allows to reach consumers across the region. The purpose of this research is to design a marketing information system web based as a medium for marketing product of PKT Abadi. Research conducted in May until June 2010. The method used in this research is prototyping method to explore every system design process. From these research that has been done it obtained a prototype of marketing information system application web based namely Ikromabadi. This application can be use as a marketing medium for online promotions and sales with mail-order system. In addition, with this system, marketing management of company can to manage inventory and know sales reports of product in real-time and up-to-date. According to the testing process of the designed system can inferential that the system has been running and working properly. While testing on user interface design Ikromabadi site conducted by panelists obtained an average rating of 4.2 from 5 rating scale. This shows that the design of user interfaces system as a whole is adequate in terms of available features, compatible with user needs, easier to operate (user friendly), clarity of information and interactivity.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2010/196/051002462
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2010 10:16
Last Modified: 15 Nov 2021 06:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148420
[thumbnail of 051002462.pdf]
Preview
Text
051002462.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item