Pembuatan Website Sebagai Pendukung Sistem Pemasaran Di CV. Caprina Malang

MokhammadQayyumH (2010) Pembuatan Website Sebagai Pendukung Sistem Pemasaran Di CV. Caprina Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemasaran merupakan hal penting dalam usaha. Tidak hanya merancang, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang, pemasaran juga harus memperhatikan kepuasan pelanggan (Saladin, 1996). Karenanya, pemasar dituntut kreatif dan inovatif dalam menentukan strategi pemasaran. Penggunaan komputer, khususnya yang sudah berhubungan dengan internet dewasa ini merupakan hal yang tidak asing lagi. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan media ini, salah satunya sebagai media pemasaran. CV. Caprina merupakan salah satu perusahaan bergerak di sektor pangan. Kegiatan pemasaran yang dilakukan selama ini dengan membuka outlet dan mendistribusikannya melalui agen-agen. Penelitian ini bertujuan untuk membuat website sebagai media promosi perusahaan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret - Juni 2010 di CV. Caprina dan Laboratorium Komputasi dan Analisis Sistem - Teknologi Industri Pertanian Universitas Brawijaya. Tools yang digunakan adalah content management system (CMS) Wordpress, webserver, dan domain name. Sedangkan software yang digunakan adalah XAMPP, Notepad++, Adobe Photoshop, dan Filezilla. Website yang dibuat berbentuk company profile, karena perusahaan masih terkendala sumberdaya jika website berbentuk toko online (e-commerce). Company profile dibuat dengan tujuan mengangkat corporate value dan product value (Budiman, 2008). Konsep umum website yang dibuat mempertimbangkan customer interface dan designing the marketing program. Customer interface menggunakan 7’Cs Framework (context, content, community, customization, communication, connection, dan commerce) sebagai dasar pembuatan website (Siswono, 2005). Sedangkan designing the marketing program bertujuan membangun hubungan dengan customer dan media promosi perusahaan. Website yang telah dibuat dapat diakses melalui internet dengan domain name www.klastercaprina.com. Pemilihan ini disesuaikan dengan nama perusahaan. Website ini diujikan kepada 5 orang ahli di bidang website dan internet marketing, dengan nilai 5 untuk tingkat kesesuaian tertinggi. Pengujian kesesuaian dengan menggunakan 7’Cs Framework didapatkan nilai 4,2 untuk context, 4 untuk content, 3,8 untuk community, 4,4 untuk customization, 3,4 untuk communication, 4,6 untuk connection, dan 2,8 untuk commerce. Dari data ini dapat disimpulkan bahwa elemen interaksi dan commerce website masih kurang sesuai, karena website berupa company profile yang terkesan statis. Namun elemen-elemen yang berhubungan dengan identitas dan tampilan, website dirasa sudah cukup sesuai sebagai media pendukung pemasaran.

English Abstract

Marketing is crucial in the effort. Not only designing, pricing, promotion and distribution of goods, marketing also must pay attention to customer satisfaction (Saladin, 1996). Therefore, creative and innovative marketer required in determining marketing strategy. The use of computers, especially those that have been in connect with the Internet nowadays is a thing familiar. Many things can be use with this media, one of them as a marketing medium. CV. Caprina is a company in the food industry. Marketing activities undertaken so far by opening outlets and distribute them through agents. This research aims to create a website as a promotional media companies. Research conducted on March until June 2010 at CV. Caprina and Computation and Analysis System Laboratory – Industrial Technology of Agriculture Department Brawijaya University. Tools used are content management system (CMS) Wordpress, webserver, and domain name. While, software used are XAMPP, Notepad++, Adobe Photoshop, and Filezilla. Website created shaped company profile, because the company was still constrained resources if the website form online store (e-commerce). Company profile are made aimed to improving corporate value and product value (Budiman, 2008). General concept of the website created to consider of customer interface and designing the marketing program. Customer interface using 7’Cs Framework (context, content, community, customization, communication, connection, dan commerce) as a basic of creating website (Siswono, 2005). Whereas designing the marketing program aims to build relationships with customers and companies promotions media. Website created can be accessed via the Internet with the domain name of www.klastercaprina.com. Domain name selection is tailored to the companys name. This website is tested to five experts of website and internet marketing, using the value 5 to the highest level of suitability. Conformance testing using 7’Cs Framework produce an average value 4,2 for context, 4 for content, 3,8 for community, 4,4 for customization, 3,4 for communication, 4,6 for connection, dan 2,8 for commerce. From this data could be concluded that the element of interaction and commerce of the website is not suitable, because websites such as company profile, so that seems static. However, for relating to identity and appearance of the website’s elements thats enough suitable as supporting media marketing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2010/193/051002459
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2010 09:28
Last Modified: 21 Oct 2021 03:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148417
[thumbnail of 051002459.pdf]
Preview
Text
051002459.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item