Evaluasi Kinerja Berbasis “Balanced Scorecard” Pada Agroindustri Keripik Buah Skala Kecil dan Menengah : studi Kasus di CV. KAJEYE FOOD )

Zulkarnain, Rozie (2010) Evaluasi Kinerja Berbasis “Balanced Scorecard” Pada Agroindustri Keripik Buah Skala Kecil dan Menengah : studi Kasus di CV. KAJEYE FOOD ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

KAEJEYE FOOD adalah sebuah agroindustri yang bergerak dalam bidang pengolahan kripik buah dan sayuran. Dalam perkembangannya, KAJEYE FOOD sebagai sebuah UKM yang terus tumbuh dan berkembang memiliki rencana untuk lebih mengembangkan usahanya. Untuk memenuhi target tersebut pemilik KAJEYE FOOD memerlukan sebuah penilaian dari kinerja. Penilaian yang baik dan mampu untuk memberikan gambaran atas usahanya secara objektif dan menyeluruh. Dengan menggunakan bantuan Balanced Scorecard sebagai metode penilaian. Tahap dalam melakukan penilaian kinerja yang pertama adalah dengan menentukan bobot prioritas / fokus pemilik usaha terhadap KPI (Key Performance Indicator) dengan menggunakan AHP (Analytic Hierarchy Process). Selanjutnya melakukan penilaian terhadap kinerja yang bersumber dari kuesioner, wawancara langsung, dan pencatatan terhadap data perusahaan dan diolah dengan menggunakan OMAX (Objective Matrix). Hasil penilaian menunjukkan bahwa kinerja keseluruhan perusahaan bernilai 6 (tujuh) yang menunjukkan bahwa secara keseluruhan nilai kinerja yang didapat oleh KAJEYE FOOD adalah baik. Perusahaan telah mempelajari fungsi dan kriteria (atribut ukuran kinerja) dan telah mendapatkan keahlian yang dibutuhkan untuk melaksanakan kinerja sehingga dapat bekerja dengan efektif. Fokus utama pemilik terletak pada perspektif konsumen dengan bobot sebesar 48% disusul dengan fokus pada perspektif bisnis internal 41%, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran sebesar 12%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2010/184/051002196
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2010 09:56
Last Modified: 30 Aug 2022 06:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148408
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item