Efisiensi Biaya Bahan Baku Pada Pembuatan Kerupuk Singkong Dengan Substitusi Pati Ganyong : Studi Kasus di UKM Kerupuk Singkong “Kreezzz”, Landungsari-Dau

HendryHidayat (2010) Efisiensi Biaya Bahan Baku Pada Pembuatan Kerupuk Singkong Dengan Substitusi Pati Ganyong : Studi Kasus di UKM Kerupuk Singkong “Kreezzz”, Landungsari-Dau. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UKM “Kreezzz” dihadapkan pada permasalahan meningkatnya tepung tapioka sebagai bahan baku produk kerupuk singkong. Suatu alternatif diperlukan untuk menurunkan biaya produksi, salah satunya mensubstitusi tepung tapioka dengan pati ganyong. Analisis efisiensi biaya bahan baku dilakukan untuk mengetahui tingkat efisiensi dari penurunan biaya bahan baku akibat substitusi bahan baku tepung tapioka oleh pati ganyong. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui karakteristik fisik, kimia, dan organoleptik kerupuk singkong yang dihasilkan dari singkong parut dan pati ganyong, mengetahui proporsi singkong parut dan pati ganyong terbaik berdasarkan kadar air, derajat putih, daya kembang, dan sifat organoleptik kerupuk singkong yang dihasilkan, dan mengetahui efisiensi biaya bahan baku pembuatan kerupuk singkong dengan substitusi pati ganyong. Metode penelitian yang digunakan adalah RAL Faktor Tunggal, dengan 3 perlakuan dan 6 ulangan. Perlakuan pertama menggunakan perbandingan komposisi bahan baku singkong parut dan pati ganyong sebesar 70% : 30%, Perlakuan kedua sebesar 80% : 20%, dan Perlakuan ketiga sebesar 90% : 10%. Analisis yang dilakukan meliputi uji kadar air, uji derajat putih, uji daya kembang, uji organoleptik (rasa, aroma, kenampakan, kerenyahan), pemilihan perlakuan terbaik, dan analisis efisiensi biaya bahan baku. Dari analisis data pada tiap perlakuan didapatkan rerata kadar air kerupuk singkong berkisar antara 8,25% - 8,36%, rerata derajat putih berkisar antara 64,25% - 67,20%, dan rerata daya kembang berkisar antara 61,23% - 98,17%. Rerata nilai kesukaan panelis pada tiap perlakuan terhadap rasa kerupuk singkong berkisar antara 2 - 3,4 (tidak menyukai sampai cenderung menyukai), rerata nilai kesukaan panelis terhadap aroma kerupuk singkong berkisar antara 1,8 - 3,4 (cenderung tidak menyukai sampai cenderung menyukai), rerata nilai kesukaan panelis terhadap kenampakan kerupuk singkong berkisar antara 1,6 - 3 (cenderung tidak menyukai sampai menyukai), dan rerata nilai kesukaan panelis terhadap kerenyahan kerupuk singkong berkisar antara 2,8 – 3,8 (cenderung menyukai sampai cenderung sangat menyukai). Perlakuan terbaik terdapat pada Perlakuan 3 (proporsi singkong parut : pati ganyong sebesar 90% : 10%). Efisiensi biaya bahan baku pembuatan kerupuk singkong dengan substitusi pati ganyong adalah sebesar 28,52%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2010/183/051002195
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2010 10:48
Last Modified: 09 Mar 2022 04:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148407
[thumbnail of 148407] Text
148407

Download (0B)

Actions (login required)

View Item View Item