Penerapan Metode Case Based Reasoning (CBR) dalam Perencanaan Promosi Produk Wafer : studi kasus pada PT. Lestari Biscuit Factory)

StephanieCindyKristianty (2010) Penerapan Metode Case Based Reasoning (CBR) dalam Perencanaan Promosi Produk Wafer : studi kasus pada PT. Lestari Biscuit Factory). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penjualan wafer oleh PT. Lestari Biscuit Factory rata – rata sebesar 11.800 kemasan per bulan, sedangkan standar volume penjualan wafer per bulan adalah sebesar 12.000 kemasan per bulan. Berdasarkan fakta tersebut, maka produk ini membutuhkan perencanaan promosi yang baik. Salah satu metode merencanakan promosi adalah dengan metode Case Based Reasoning (CBR). Tujuan penelitian adalah untuk menentukan alternatif perencanaan promosi produk wafer di PT. Lestari Biscuit Factory dengan menggunakan metode Case Based Reasoning (CBR). Penelitian dilaksanakan pada tanggal 01 Juni 2009 hingga tanggal 30 Juli 2009, di PT. Lestari Biscuit Factory, dan pengolahan data dilakukan di Laboratorium Analisis Sistem dan Komputasi Teknologi Industri Pertanian Universitas Brawijaya Malang. Prosedur penelitian yang dilakukan yaitu penentuan data dan sumber data, pengolahan data, identifikasi masalah, dan penerapan metode CBR. Berdasarkan kasus yang terjadi di perusahaan dan hasil kuesioner, maka metode CBR dilakukan sesuai tahapannya. Pertama, Retrieve menggabungkan data masa lalu. Kedua, Reuse mencari dan menyeleksi media promosi. Ketiga, Revise menguji media promosi yang sesuai. Dan terakhir, Retain menetapkan hasil. Hasil yang diperoleh adalah terdapat tiga alternatif perencanaan promosi untuk satu tahun, yang berdasarkan pada waktu promosi, jenis promosi, dan biaya promosi. Media promosi yang digunakan adalah Diskon, Undian, Biaya Kirim Gratis, Spanduk, dan Katalog. Anggaran biaya promosi untuk satu tahun sebesar Rp. 2.600.000, 00.

English Abstract

Product – sales on PT. Lestari Biscuit Factory averaged 11,800 packs each month, but the volume of product - sales should be average 12,000 packs each month. Based on that facts, this product needs suitably promotion planning. The aims of this research are to decide the alternative promotion planning of wafer product at PT. Lestari Biscuit Factory, with Case Based Reasoning (CBR) Method Applying. This research was carried out on June, 01st 2009 until July, 30th 2009 at PT. Lestari Biscuit Factory, and arranged the data at System’s Analysis and Computation Laboratory of Agroindustrial Technology Brawijaya University Malang. The stage was carried out such as data and source appointment, data arrangement, problem identification, and Case Based Reasoning (CBR) Method Applying. Based on the case occurred and questioner results, Case Based Reasoning (CBR) Method was carried out according with thats stage. First, Retrieve compiled past period cases. Second, Reuse search and selected promotion media. Third, Revise evaluated suitably promotions media. Last, Retain extracted the results. As a result, three alternative of promotion planning based on promotion time, promotion variety, and promotion cost. Promotion media included with discount, lottery, free – sending cost, banner, and catalogue. Estimation of the promotion cost for one year valuated 2,600,000.00 rupiahs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2010/10/051000225
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2010 10:04
Last Modified: 21 Oct 2021 06:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148372
[thumbnail of 051000225.pdf]
Preview
Text
051000225.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item