Analisis Penggandaan Skala Ekstraksi Karoten Dari Spent Bleaching Earth Limbah Hasil Proses Pemurnian Crude Palm Oil (CPO)

SriLestari (2010) Analisis Penggandaan Skala Ekstraksi Karoten Dari Spent Bleaching Earth Limbah Hasil Proses Pemurnian Crude Palm Oil (CPO). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kelapa sawit merupakan salah satu komoditas andalan perkebunan Indonesia yang jumlahnya selalu meningkat. Seiring dengan meningkatnya produksi minyak kelapa sawit, produk limbah pabrik yang berupa spent bleaching earth juga akan meningkat. Spent bleaching earth merupakan adsorben bekas pakai yang dihasilkan dari proses pemurnian CPO (Crude Palm Oil), tepatnya pada proses bleaching (pemucatan). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan ekstrak karoten, mengetahui kualitas kadar karoten dan aktivitas antioksidan hasil ekstraksi dari spent bleaching earth serta mengetahui informasi kebutuhan utilitas pada skala ganda. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Bioindustri dan Teknologi Agrokimia, Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang. Pada penelitian ini dilakukan peningkatan kapasitas sebesar 10 kg dengan 2 kali ulangan. Ekstraksi β-karoten dari spent bleaching erth pada penelitian ini terdiri dari tiga tahapan. Pada tahap pertama yang merupakan proses perlakuan awal yaitu pencampuran bahan baku dengan pelarut, tahap kedua yaitu proses ekstraksi menggunakan waterbath shaker dengan suhu 40o C dan agitasi 150 rpm dan tahap ketiga adalah pemisahan pelarut dengan karotenoid yang telah terekstraksi dilakukan dengan proses penguapan dan pendinginan dengan menggunakan beberapa komponen peralatan yang dirancang khusus untuk alat pemisahan pelarut dengan estrak karotenoid. Ekstraksi karoten dari spent bleaching earth pada penelitian penggandaan skala mampu merekoveri karoten sebesar 99,25% (3735 ml). Analisa terhadap karoten yang dihasilkan setelah dilakukan penelitian penggandaan skala bertujuan untuk mengetahui karakteristik yang dimiliki oleh karoten. Pada penelitian penggandaan skala dilakukan analisa terhadap kadar β-karoten terhadap bahan baku dan karotenoid hasil ekstraksi serta analisa aktivitas antioksidan. Kadar β-karoten bahan baku spent bleaching earth hasil penelitian ini adalah 215,98 ppm dengan kandungan kadar air sebesar 7 %. Hasil kadar β-karoten dari ekstrak karotenoid pada ulangan I sebesar 214,8 ppm dan pada ulangan II sebesar 213,94 ppm. Nilai kadar β-karoten yang dihasilkan pada penelitian penggandaan skala jauh berbeda dengan penelitian skala laboratorium yang dilakukan oleh Qomariah yaitu sebesar 200,42 ppm. Untuk analisa aktivitas antioksidan didapatkan nilai aktivitas antioksidan pada ulangan I sebesar 17,67% dan pada ulangan II sebesar 17,66%. Kebutuhan utilitas pada penelitian penggandaan skala meliputi kebutuhan listrik dan kebutuhan air. Dari hasil perhitungan didapatkan total biaya listrik/bulan sebesar Rp. 2.597.920,00. dan total biaya pemakaian air/ bulan sebesar Rp.30.900,00

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2010/051003016
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 10 Nov 2010 14:15
Last Modified: 21 Oct 2021 06:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148371
[thumbnail of 051003016.pdf]
Preview
Text
051003016.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item