Pengaruh Penggunaan Nasi Aking Dalam Pakan Terhadap Penampilan Produksi Ayam Pedaging

MerlinHabsariKhusna (2009) Pengaruh Penggunaan Nasi Aking Dalam Pakan Terhadap Penampilan Produksi Ayam Pedaging. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 1 Februari sampai 7 Maret 2009 di Laboratorium Lapang Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya di Desa Sumber Sekar Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat penggantian jagung dengan nasi aking dalam pakan terhadap penampilan produksi ayam pedaging yang meliputi konsumsi pakan, pertambahan bobot badan, konversi pakan dan income over feed cost (IOFC). Materi yang dipakai dalam penelitian ini adalah100 ekor Day Old Chick (DOC) ayam pedaging unsexed dengan rataan bobot awal 48,86 ± 4,80 g/ekor dan dipelihara selama 35 hari. Ayam ditempatkan pada kandang sistem litter yang dibagi menjadi 20 pen dimana masing – masing pen berisi 5 ekor. Bahan pakan yang digunakan pada penelitian ini adalah konsentrat, bekatul dan jagung yang disusun berdasarkan kebutuhan zat makanan untuk ayam pedaging periode pemeliharaan (starter dan finisher ) dan diberikan secara ad libitum . Nasi aking digunakan sebanyak 0 % dalam pakan atau 0 % mengganti jagung (P0), 15 % dalam pakan atau 25% sebagai pengganti jagung (P1), 30 % dalam pakan atau 50% sebagai pengganti jagung (P2), 45 % dalam pakan atau 75% sebagai pengganti jagung (P3), 60 % dalam pakan atau 100% sebagai pengganti jagung (P4). Metode yang digunakan adalah metode percobaan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan, masing-masing ulangan berisi 5 ekor ayam, bila terjadi perbedaan yang nyata dilakukan uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Variabel yang diukur adalah konsumsi pakan, bobot badan, konversi pakan pada periode starter maupun finisher dan IOFC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan nasi aking sebagai pengganti jagung sampai 60% memberikan pengaruh yang nyata (P<0,05) pada konsumsi pakan periode finisher dan IOFC tetapi berpengaruh tidak nyata (P > 0,05) pada bobot badan dan konversi pakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tanpa mempengaruhi penampilan produksi nasi aking dapat digunakan sampai 60 % dalam pakan (100 % sebagai pengganti jagung). Disarankan untuk menggunakan nasi aking sebesar 60 % dalam pakan untuk mengurangi ketergantungan terhadap jagung tanpa mengabaikan penampilan produksi .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2009/81/050901847
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2009 10:47
Last Modified: 21 Oct 2021 06:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148348
[thumbnail of 050901847.pdf] Text
050901847.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (30kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (12kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (3kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item